Jembatan GrinWel Kalikuto Dikebut 24 Jam Rabu Sore Siap Dilintasi

0
216

BATANG – Hingga syubuh tadi proses konstruksi jembatan GrinWel Kalikuto Gringsing Kabupaten Batang, Jawa Tengah saat ini tengah dikebut 24 jam dengan 3 shif dalam pengerjaanya. Pasalnya, pada H-2 rabu sore ini (13/05/2018) ditargetkan sudah bisa di gunakan kendaraan yang melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang.

Rencana pemerintahan di era presiden Jokowi dengan menargetkan jalan tol dari Jakarta-Surabaya bisa terhubung pada mudik lebaran 2018, saat ini masih terdapat kendala, seperti di jembatan Grinwel Kalikuto sebuah sungai pembatas antara dua kabupaten yakni Batang dan Kendal yang berlokasi di Gringsing dan Weleri yang belum tersambung dan jembatan Keteleng Salatiga, Jawa Tengah.
Sesuai target maksimal pada mudik lebaran 2018 ruas Batang-Semarang bisa terhubung pada dua hari jelang lebaran idul fitri. Para pekerja proyek di jembatan yang menjadi ikon jalan tol tersebut tengah mengebut pekerjaanya, mulai dari pengecoran dengan mutu beton K-30 di bagian oprit jembatan, hingga pengelasan pada lantai jembatan yang menggunaka plat baja.
Di katakan Muhammad, manager PT. Waskita karya “Hingga rabu shubuh tadi proses kontruksi terus berjalan mulai dari pemasangan deks slep, pemasangan hanger dengan memaksimalkan bisa dilintasi 1 lajur. Rabu sore sekitar pukul 15:00 wib jembatan ikon jalan tol ruas Batang-Semarang, baru bisa dilewati pemudik”, ujarnya.


Meski proses konstruksi dikebut namun tidak meninggalkan kualitas dan standar keamanan pada jembatan gantung tersebut. Panjang jembatan darurat tersebut mencapai 100 meter dengan lantai lebar 4,5 meter, dengan beban kendaraan melintasi bersamaan 1 lajur atau satu kendaraan memanjang kebelakang.(UJ/6)

Baca juga :  Musim Hujan Berkepanjangan Sebabkan Harga Bawang Putih dan Cabe Rawit Naik Rp 20.000 Per kg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here