Tol Fungsional Semarang-Batang Minim Rambu Dan Bergelombang

0
332
Keterangan Foto: Anggota Komisi C DPRD Kendal bersama sejumlah OPD meninjau jalur Tol Semarang - Batang.

KENDAL – Jalur tol Semarang-Batang mulai dari Kaliwungu hingga Weleri sepanjang 26 km kondisinya belum sepenuhnya sempurna. Dari hasil pemantauan Komisi C DPRD Kendal, DPUPR, Dinas perhubungan Kendal dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diketahui rambu-rambu masih minim, penerangan masih minim dan kondisi jalan sebagian bergelombang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kendal H Nashri usia melakukan pemantauan, Rabu (06/06/2018).”Dari hasil pantauan, jalur tol Semarang-Batang masih minim rambu, minim penerangan dan sebagian masih bergelombang. Untuk itu harus disiapkan betul untuk meminimalisir kecelakaan,” ujar Nashri.

Nashri mengatakan, Dishub harus bekerja sama dengan Waskita untuk memasang rambu-rambu yang masih minim terutama dititik-titik jalan bergelombang, perlintasan dan titik yang minim lampu. Selain itu rambu tentang kecepatan juga harus diperbanyak karena kondisi jalan belum sepenuhnya bagus.”Di perempatan yang memungkinkan pemudi tersesat ditutup dan diberikan lampu,” jelasnya.

Harus Rutin Patroli

Menurut Nashri, kondisi jalan yang masih minim lampu, sehingga diharapkan Polres harus kontinyu patroli untuk mengantisipasi kejahatan dan hal-hal yang tidak diinginkan.”Kesiapan rest area sudah cukup bagus, namun harus tetap dikontrol,” jelasnya.

Keterangan Foto: Komisi C meminta jalur bergelombang, persimpangan diberikan rambu yang memadai.

Sekretaris Dishub Wiwit Ardiyanto mengatakan, kondisi jalan fungsional memang belum sepenuhnya baik, sehingga dipasang rambu-rambu agar kecepatan tidak lebih 40 km perjam.”Semua titik yang rawan akan dipasang rambu sementara trafficlight portabel akan dipasang. H-7 sudah siap semua,” jelasnya.

Sedangkan Kepala DPUPR Sugiono mengatakan, meski sebagian besar pemudik nanti akan menggunakan jalur tol sementara namun jalur pantura dan jalan Pemkab juga menjadi fokus perhatian. Dikatakan, kesiapan kabupaten sudah menyiapkan beberapa jalur alternatif ke arah Sukorejo menuju Yogyakarta. Selain itu, jalur alternatif Weleri Gemuh Pegandon Sukodono Dampal Sidorejo Kaliwungu menuju Boja tembus Gunung Pati Kabupaten Semarang.”Jalur Tlahab Kangkung sudah diperbaiki. Pemkab sudah menyiapkan jalur alternatif untuk pemudik,” jelasnya. (ADV)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini