Pemerintahan Terbuka, Pemkab Batang Terima Penghargaan

0
67
Pemerintahan Terbuka, Keterangan Foto: Pemkab Batang Terima Penghargaan dari Menteri Kominfo Rudi Antara.

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang dalam membangun transparansi publik, mendapat apresiasi Mentri Komunikasi Informasi Republik Indonesia Rudi Antara. Menteri Komunikasi mengapresiasi setelah melihat dari berbagai aplikasi dan mendapat penjelasan dari Bupati Batang Wihaji di Rumah Dinas Bupati Batang , Minggu (20/05/2018) Sore.
“Transparansinya sudah mulai di bangun oleh Pemkab Batang, hanya tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkannya, keterbukaan informasi yang bagus harus bisa diakses melalui aplikasi mobile, sementara di Batang masih Website, ” Kata Rudi Antara saat Transit di Rumah Dinas Bupati Batang sebelum malakukan kunjunganmya ke salah satu Ponpes di Bandar.

Menurut Rudiantara, informasi publik jangan hanya di website nya saja, akan tetapi masyarakat juga bisa mengakses melalui aplikasi mobile, sehingga masyarakat Kabupaten Batang dimanapun tahu dan bisa setiap saat mengetahui penggunaan anggaran APBD maupun APBDesnya.

ODikatakan, secara mendasar pelayanan berbasis teknologi informasi di Indonesia terfokus pada pembeliaan komputer dan server dan pembelian teknologi, akan tetapi yang terpenting bagaimana caranya mensederhanakan pelayanan yang mudah, cepat dan transparan.“Membeli komputer, server ataupun beli teknologi itu nanti belakangan, tapi menyederhanakan pelayanan menjadi satu hari, kalau perlu hitunganya jam, kalau itu butuh teknologi baru diadakan teknologi sebagai alat dan pengungkit untuk lebih cepat,” Kata Rudi Antara.

Bupati Batang Wihaji sebelumnya menjelaskan di hadapan menteri Kominfo bahwa Kabupaten Batang persiapan menuju smart city dengan membangun struktur komitmen bersama antara Bupati Batang, Ketua DPRD dan Kepala OPD.
“ Untuk kesiapan Sumber daya manusia kita sudah menyiapkan sarjana pranata komputer dan dukungan anggaran yang bersumber dari APBD 2018,” Kata wihaji.

Ditambahkan, tidak hanya itu kesiapanya Pemkab telah membangun infrastruktur seperti memiliki data center bersertifikat ISO 27001, implementasi DRC, seluruh OPD online dan memiliki jaringan Fiber optik dan memiliki berbagai aplikasi unggulan yang jumlahnya ratusan.“ Suprastruktur kami memiliki Masterplan smart city 2017-2022, Perda RPJMD, Perbup Smart city dan smart vilage, dan Surat Keputusan dewan Smart city dan pelaksanaanya,” Kata Wihaji.(UJ/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here