SMK Muhammadiah Bawang Buka Kelas Industri

0
54
Keterangan Foto: SMK Muhammadiyah Bawang mendapatkan bantuan Multi Pupose Engine dari PT YIMM.

BATANG – Setelah berhasil menciptakan inovasi produksi mesin peralatan tepat guna teknologi pertanian, Kini SMK Muhammadiah Bawang Kabupaten Batang menjalin kerjasama dengan PT Yamaha Indoenisa Motor Manufacturing ( PT.YIMM).“SMK Kami di percaya PT YIMM dengan memberikan bantuan berupa Multi Pupose Engine sebagi salah satu bentuk program kelas Industri,” Kata Kepala Sekolah SMK Mohammadiah Bawang Imam Pamungkas, SPd. saat penyerahan bantuan di Bawang ( 15/04/2018).

Imam mengatakan Program kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik dijurusan teknik sepeda motor dengan kurikulum yang di sesuaikan oleh DU/DI, selain itu program pelatihan dan pemagangan pengajar di SMK Muhmmadiah Bawang, untuk meningkatkan kualitas pengajaran praktik.“ Multi Purphose Engine ini nantinya untuk penggerak alat – alat pertanin yang di buat siswa jurussan Teknik Kendaraan Ringan dan Tenik Sepeda Motor SMK Muhammadiah Bawang,” Jelas Imam.

Dikatakan, inovasi Produk peralatan mesin tepat guna teknologi pertanian yang SMK Muhammadiah Bawang ciptakan. Diharapkan bisa digunakan untuk membantu masyarakat disekitar sekolah yang pada umumnya masyarakat bekerja di bidang pertanian dan sudah banyak kelompok tani yang menggunakan perlatan.“Setelah mampu menciptakan peralatan pertanian, nanti akan muncul jiwa enterprenurship atau kewirausahaan pada siswa- siswi SMK Muhammadiah Bawang Kabupaten Batang, dan pemasaranya dilingkungan sekolah yang nota bene masyarakatnya bekerja di bidang pertanian,Sudah banyak kelompok tani yang membeli peralatan pertanian kami” Kata Imam Pamungkas.

Manjer Produk Yamaha Power Produk DDS III Jateng dan DIY Afanvarithhza mengatakan, berawal dari SMK Muhammadiah Bawang yang mengundang kami untuk menghadiri launching alat pertanian, dari hasil proses belajar mengajar dapat menciptkan inovasi peralatan teknologi tepat guna.“Kami melihat potensi bahwa di SMK Muhammadiah mampu mengaplikasikan produk yamaha dari proses belajar mengajar sampai dengan produksi untuk alat pertanian dan bisa di pakai oleh masyarakat lain,” Kata Afanvarithhza.

Di jelaskan olehnya bahwa kerjasama akan terus berlanjut dengan SMK Muhammadiah Bawang selama proses belajar mengajar masih ada, dan kami dari Yamaha akan terus spot selamanya, karena ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.“Kerjasama Yamaha dengan pihak SMK sudah ada di beberapa daerah, tapi untuk kerjasama produk baru pertama kali di SMK Muhammadiah Bawang Kabupaten Batang,” Kata Afanvarithhza.

Ia berjanji akan membatu SMK Muhammadiah Bawang dalam bentuk spot dari Yamaha dari sisi pelayanan servis, ada bengkel dan bantuan Multi Purphose Engine untuk di kembangkan sebagai alat tepat guna teknologi pertanian di SMK Muhammadiah Bawang, terangnya. Adapaun untuk produk peralatan pertanian SMK Muhammadiyah Bawang yang sudah di ciptakann siap pipasarkan meliputi mesin Pengemping Mlinjo, mesin Penggilingan Padi (Power Tresher), mesin memipil ke Jagung kelebot (Corn Sheller Kelebot), mesin pengering biji bijian (Bad Dryer), pencacah bahan pupuk organik (Appo Mini), mesin Pedal Thresher Bermotor, mesin jagung terkelupas (Corn Sheller). Dari harga sangat terjangkau karena berkisar Rp. 5 juta sampai dengan 30 juta.(UJ/1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here