SBY-Ani Yudoyono Blusukan Ke Centra UMKM Kerupuk Rambak Desa Penanggulan

0
49
Keterangan Foto: Ketua Umum Partai Demokrat SBYbersama Ani Yudoyono menyambangi pengrajin UMKM kerupuk rambak di Desa Penanggulan.

KENDAL – Presiden Ke 6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono blusukan di Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal, Kamis (12/04/2018) sore.
Dalam Kunjungannya ke sentra Induistri Kerupuk rambak ini SBY menerima kesah masyarakat terutama pelaku UMKM yang meminta agar Kerupuk Rambak bisa mmenjadi kerupuk unggulan di Indonesia.

SBY mengatakan peningkatan perekonomian rakyat merupakan kunci dari peningkatan kesejahteraan Indonesia untu itu para pelaku UMKM harus terus dan mmeningkatkan kualitas produksi agar semakin digemari masyarakat.
Menurutnya, jika terjadi peningkatan perekonomian rakyat maka pendapatan pemerintah akan meningkat sehingga dapat dimanfaatkan dalam upaya menyejahterakan rakyat.
“Saya berharap Pemerintah Daerah dan DPRD membantu upaya peningkatan perekonomian rakyat. Karena hal ini dapat meningkatan pendapatan pemerintah baik pusat, daerah dan kecamatan,” katanya.

SBY menyebutkan dengan peningkatan perekonomian rakyat maka akan memunculkan banyak lapangan kerja sehingga akan membuat masyarakat lebih memilih bekerja di dalam negeri dibanding kerja di luar negeri.

Dalam kunjungannya itu, Presiden yang menjabat selama dua periode itu juga memuji kelezatan kerupuk rambak khas Kendal itu. “Rasanya enak gurih dan jos. Saya dan Bu Ani juga sangat menggemari kerupuk rambak,” pungkasnya.

Keterangan Foto: SBY didampingi Ani Yudoyono, Mantan Meteri UMKMSyarif Hasan, Bendahara DPW Partai Demokrat Jateng H Suwi di SE dan Ketua DPC Partai Demokrat Kendal H Syaefudin SE berdialog dengan pengrajin kerupuk rambak di Desa Penanggulan.

Kepala Desa Penaggulan, Ria Setiyaningsih mengatakan, kunjungan SBY ke  desanya untuk melihat perkembangan  sentra krupuk rambak yang terus berkembang dengan baik. Dikatakan, sejauh ini potensi UMKM krupuk rambak di Kendal sangat pontesial dan terbukti mampu mengakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.”Krupuk rambak  dari Kendal  juga sampai ke mancanegera  seperti  Hongkong, Jepang dan Singapura. Untuk itu agar diperjuangkan krupuk rambak bisa menjadi icon Indonesia,” harapnya.

Dijelaskan, ada 15 pengrajin krupuk rambak di Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon, untuk itu agar terus berkembang diminta bantuan peralatan, pelatihan dan modal unruk mengembangkan diri.

Usai  berdialog dengan  pengusaha  krupuk rambak, SBY dan  Ani Yodoyono langsung mengunjungi UMKM krupuk rambak  kulit kerbau, bahkan SBY juga memborong kerupuk rambak khas Kendal itu. Selain bertemu dengan pengusaha  krupuk rambak SBY juga   melakukan  ziarah dan berdoa  di makam  Kiyai  Guru  yang berada di lingkungan Masjid Pegandon, kemudian baru melanjutkan  perjalanan ke Kabupaten Batang untuk melakukan road show. (AU/1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here