Gerabah Sakti SMK Bina Utama Mendapatkan Apresiasi Oleh Bupati

0
123

KENDAL – Beberapa waktu lalu, siswa SMK Bina Utama menorehkan prestasi dengan menjadi juara 1 dalam rangka lomba krenova tingkat kabupaten yang diadakan oleh Baperlitbang Kabupaten Kendal. Produk kreatif Gerabah Sakti membawa mereka meraih juara.

Untuk diketahui bahwa Gerabah Sakti berupa pot tanaman yang memiliki kelebihan yakni cukup sekali menyirami air pada tanaman, maka akan bertahan selama 33 hari ke depan. Sehingga dengan produk tersebut pemberian air pada tanaman sekitar satu bulan sekali.

Atas kesuksesan tersebut, Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa mengapresiasi produk kreatif karena membantu masyarakat yang ingin memiliki tanaman namun tidak ada waktu untuk merawatnya. Selain itu, produk tersebut sangat mendorong pertumbuhan ekonomi Kendal lantaran banyak pengrajin gerabah yang diberdayakan apalagi saat ini pengrajin gerabah di Kendal jumlahnya semakin sedikit lantaran tidak dapat berkembang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada siswa dan guru SMK Bina Utama yang sudah menciptakan produk yang luar biasa ini karena dengan adanya produk ini masalah pengangguran di Kendal sedikit banyak mendapat solusi. Kenapa ? karena yang awalnya pengrajin gerabah hendak gulung tikar mengurungkan niatnya, yang sudah gulung tikar bisa beroperasi kembali apalagi data yang saya dapat ada 50 pengrajin yang digandeng,” ungkapnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMK Bina Utama Wahyu Dian selaku pembimbing serta kreator Gerabah Sakti mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga kepada tiga siswanya yang sudah berusaha menciptakan produk tersebut bersama dirinya apalagi produk kreatif mendapat apresiasi dari Pemkab Kendal dengan sudah diordernya Gerabah Sakti oleh dinas-dinas di Kabupaten Kendal. Bahkan Bupati Kendal juga turut membeli produk tersebut.

Ia menjelaskan bahwa Gerabah Sakti diganjar dengan predikat juara I setelah mengalahkan 23 pesaingnya dan bulan ini akan diajukan untuk lomba krenova tingkat provinsi Jawa Tengah.

“Tentunya kami sangat bangga dengan prestasi ini apalagi respon pemerintah Kendal sangat luar biasa, harapan kami tentunya ditingkat provinsi akan mengulang sukses yang sama. Saat ini kami sudah membuatkan aplikasi bagi masyarakat yang ingin membeli gerabah sakti atau dapat datang ke SMK Bina Utama,” katanya. (CHY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here