Kodim 0715 Gelar Pelatihan Tangani Bencana

0
101
Keterangan Foto: Forkompinda Kendal foto bersama dalam acara pelatihan posko I di Makodim 0715 Kendal.

KENDAL – Kodim 0715 Kendal gelar pelatinanya posko I, dalam rangka penanggulangan bencana alam. Acara dibuka Komandan Korem 073/Makuratama Joni Pardede, di Aula Makodim, Selasa (10/04/2018). Pelaksanaan Latihan Posko I selama empat hari dan ditutup tanggal 13 April 2018. Kegiatan diikuti antara lain, staf intel, staf operasional, staf logistik, staf Pers, staf teritorial, staf khusus unit intel, kelompok tata usaha urusan dalam, dan lainya.

Komandan Korem 073/Makuratama Joni Pardede  menjelaskan, latihan posko I ini penting dan mendasar, bagi komandan kodim dan  perwira stafnya untuk menguji dan mengolah kemampuan operasionalnya. “Tantangan tugas ke depan kita yakini akan semakin berat dan kompleks, untuk itu kita harus siap dan sigap,” kata dia.

Danrem meminta, prajurit siap melaksanakan peran dan pengamdian di lapangan agar benar-benar optimal dan tepat pada proposinya serta sejalan dengan tuntutan perkembangan jaman.

Keterangan Foto: Komandan Kodim Letkol Czi Hendro Edi Busono menyampaikan materi pelatihan posko I kepada peserta.

Menurut Danrem, beberapa wilayah di Indonesia sering terjadi bencana alam, seperti erupsi gunung berapi, gempa bumi, angin puting, banjir, tanah longsor maupun yang lainya. Untuk Kabupaten Kendal dan sekitarnya bencana alam yang kerap terjadi diantaranya adalah angin puting beliung, tanah longsor, dan banjir yang mengakibatkan kerugian personel dan materiil yang tidak sedikit. “Melalui latihan ini, Kodim 0715/Kendal diharapkan bisa menjadi lebih dan selalu siap untuk membantu pemda apabila diperlukan untuk mengatasi akibat dari terjadinya bencana yang timbul,” tukas dia.

Komandan Korem berpesan agar peserta latihan bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh kesungguhan, sehingga sasaran latihan akan tercapai secara maksimal. “Lakukan evaluasi kegiatan, sehingga segala kekuranganya dapat segera dibenahi dan dilatihkan kembali sampai benar-benar dikuasai dan sekaligus sebagai bahan perbaikan dalam latihan yang akan datang,” pungkas dia.

Wakil Bupati Masrur Masykur mengatakan, atas pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada jajaran angkatan darat yang telah memprogramkan acara pelatihan posko I penanggulangan bencana. Karena bencana alam zaman sekarang ini sesuatu yang tidak dihindari. Oleh karena itu, kesiagaan dan  ketanggapan kita yang sesungguhnya perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. “Pemerintah daerah mendukung sepenuhnya kegiatan pelatihan posko I Kodim 0715/Kendal, penanggulangan bencana ini,” kata dia.

Acara tersebut dihadiri, Komandan Kodim Letkol Czi Hendro Edi Busono, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, Kejari Kendal, Yudi Hendarto, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kendal Udjianti, Ketua DPRD Kendal, Prapto Utono, dan Ketua FKUB Ubaidillah. (1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here