Sekda Kota Pekalongan Berharap Lomba Kadarkum Bisa Membuat Warga Sadar Hukum

0
112

Kota Pekalongan – Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pekalongan ke 112, Pemerintah Kota Pekalongan menggelar lomba cerdas cermat keluarga sadar hukum PKK , Rabu (28/03/2018) di ruang Amarta, komplek pemkot pekalongan.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Hj. Sri Ruminingsih, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Pekalongan Soesilo S.H.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Pekalongan Soesilo SH mengatakan lomba cerdas cermat Kadarkum tersebut dalam rangka HUT Kota Pekalongan ke 112 sekaligus untuk mensosialisaikan aturan hukum atau peraturan daerah (Perda) yang berlaku. ” Ada 5 Perda, yaitu Perda nomor 4 tahun 2017 tentang pencegahan dan peningatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan pemukiman kumuh, perda nomor 9 Tahun 2019 tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, perda nomor 10 tahun 2017 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan, perda nomor 14 tahun 2017 tentang penyelenggaraan kesejahteraan lanjut usia, dan perda nomor 15 Tahun 2017 tentang penyelengagaraan bantuan hukum,” terangnya.

Soesilo menambahkan lomba cerdas cermat kadarkum tersebut di ikuti sebanyak 8 regu yang berasal dari perwakilan 8 kelurahan yaitu kelurahan Tirto, Jenggot, Pringrejo, Poncol, Soko Duwet, Panjang Wetan, dan Degayu. ” Masing-masing regu beranggotakan 5 orang,” imbuhnya.

Dari Lomba Kadarkum tersebut nantinya akan ditentukan 3 regu yang dinilai terbaik dan mendapatkan hadiah pembinaan.

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan Hj Sri Ruminingsih menambahkan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) mempunyai fungsi dan tugas sebagai wadah untuk menghimpun warga masyarakat yang berkesadaran hukum dan meningkatkan kadar kesadaran hukum baik bagi dirinya, para anggotanya maupun bagi masyarakat pada umumnya.” Membangun kesadaran hukum paling efektif jika dimulai dari lingkungan keluarga, oleh karena itu saya harapkan melalui kadarkum ini peserta dapat menambah wawasan dan meningkatkan kesadaran hukum agar di apliasikan dalam kehidupan sehari-hari,” harap sekda.(6)

Baca juga :  Kurangi sedimentasi, walikota dan sekda pemkot pekalongan bersih-bersih sungai bremi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here