SMAN 2 Kendal Gelar Konseling Remaja Gunakan Web

0
249
Keterangan Foto: SMAN 2 Kendal melukai PIK-R menggunakan Web.

KENDAL – Untuk meraih juara Pusat Informasi Konseling  Remaja (PIK-R) tingkat  Jawa Tengah, kelompok PIK -R Samitra  Arsa SMA Negeri 2 Kendal di lakukan  penilaian oleh tim  juri  dari   kantor  Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Propinsi Jateng. Bahkan PIK-R yang dimiliki SMAN 2 Kendal merupakan pertama kali menggunakan  konseling melalui web.

Kepala SMAN 2 Kendal Yuniasih mengatakan, penilaian PIK-R, melalui jalur pendidikan di galakkan oleh BKKBN. Dalam kegiatan ini kelompok PIK -R Samitra  Arsa SMA Negeri 2 Kendal untuk mendapatkan juara harus menyisihkan  32 sekolah di Jawa Tengah.

Dikatakan, saat ini akan kelompok PIK -R Samitra Arsa SMA Negeri 2 Kendal akan bersaing  dengan  dua   kelompok  Apik-R yakni  SMAN 1 M agelang dan  Universites  Sebelas Maret Solo. Dijelaskan,  tim penilai di  kelompok PIK -R Samitra  Arsa SMA Negeri 2 Kendal  ada  kemajuan karena siswa menciptakan  web  khusus untuk konseling, sehingga bagi  siswa yang malu untuk konsultasi bisa di lakukan melalui web.”Bahkan  web tersebut di buka  24 jam, sehingga  tidak  sampai mengganggu  pelajaran,” kata Kepala SMAN 2 Kendal Yuniasih.

Menurutnya, ide membuat web dari siswa namun tetap di  dampingi oleh pihak  guru, sehingga akan selelu terkontrol permasalahan apa yang di hadapi oleh siswa. Selain itu jika ada siswa yang kurang puas atas jawaban yang di konsultasikan, guru bisa membantu memberikan solusi.

Dijelaksan, kelabihan konseling melalui web dengan bertatap muka, lebih menguntungkan konseling pakai web karena selain  bisa  di lakukan  sewaktu-waktu, siswa juga tidak harus datang  ke ruang konseling.”Jika di rasa rahasia maka  tidak malu untuk mencurahkan isi hatinya dan dijamin kerahasiaan personal yang melakukan konseling,” jelasnya.

Konsultasi Mudah

Salah satu  konselor, Luk Luk Atsmara Anjani siswa SMA Negeri 2 Kendal mengatakan kegiatan ini dirintis 2 tahun lalu, untuk menjembatani para siswa yang mengalami permasalahan remaja, sehingga bisa menemukan solusi dan tidak sampai terjerumus dalam kegiatan negatif. Dikatakan,
cara konsultasinyapun juga mudah tidak harus datang ke ruang dari rumah juga bisa memakai gadjed maupun laptop menggunggunakan web.”Semua permasalahan akan di jawab dalam konsultasi itu, kerahasianya juga dijamin,” ujarnya.

Menurutnya, mungkin pertama kali  sekolah yang melakukan  konseling melalui web SMA Negeri 2 Kendal, sehingga tidak merepotkan, meski semua mempunyai kelebihan dan  kekurangan.”Kelebiahan menggunakan web kita bisa  konsultasi sewaktu-waktu dan di jamin kerahasiaanya. Namun  kalau bertatapmuka  kita harus  jam sekolah dan terkadang  malu untuk  menyampaikan permasalahan kita karena merupakan privasi siswa,” ungkapnya.

Sekda Kendal Moh Toha sangat mengapresiasi kelompok PIK -R Samitra  Arsa SMA Negeri 2 Kendal. Dirinya dan Pemkab Kendal memberikan suport karena yang di lakukan oleh  siswa  SMA Negeri 2 Kendal harus kerja keras untuk menyingkirkan pesaingnya.

Sekda menjelaskan, kelompok PIK -R Samitra  Arsa SMA Negeri 2 Kendal menjadi wadah solusi bagi para siswa untuk mengatasi permasalahan remaja, terutama dalam upaya mewujudkan remaja yang sehat, berprestasi, berbudaya dan berbudi pekerti. Sehingga diharapkan mereka akan terhindar dari kegiatan – kegiatan yang bersifat negatif, termasuk diantaranya menyadarkan mengenai kesehatan reproduksi remaja.”Diharapkan mereka tidak akan sembarangan dalam bergaul dan menghindari adanya seks bebas di kalangan remaja,” harapnya. (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here