Jadikan Pelajar Sebagai Agens Penangkal Radikalisme serta Berita Hoax

0
116

Kajen – Untuk menangkal pemahaman ideologi sesat yang berkembang di masyarakat, baik ideologi kanan berbasis pada agama maupun idiologi kiri yang berbasis sosialis liberalis, diperlukan pemahaman yang dalam tentang bela negara sejak awal. Berkaitan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara dengan tema Generasi Muda Siap mempertahankan NKRI bagi pelajar SMA dan SMK Se Kabupaten Pekalongan di Markas Kompi senapan C 407 Wonopringgo baru baru ini (22/03/2018).
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, SH MSi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa patriotisme dan dapat menyegarkan kembali paham kebangsaan bagi pemuda atau pelajar.
Diharapkan setelah mereka mengikuti kegiatan bela negara ini dapat menangkal paham radikalisasi bagi dirinya sendiri maupun sebagai agen untuk menularkan kepada orang lain. “ Hal ini sebagai langkah preventif untuk memantapkan nilai ideologi Pancasila”tandasnya.
Penyebaran paham radikalisasi ini memang menggejala di media sosial sehingga perlu ditanamkan bela negara kepada pelajar sejak awal untuk menangkal radikalisasi ini. “ juga sebagai filter yang kuat dalam memilih ideologi yang sesuai dengan konsensus sebagian besar masyarakat yaitu ideologi pancasila”tandasnya.
Sementara itu Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Ridha menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menjawab kemajuan tekhnologi informatika terutama media sosial berkaitan dengan penyebaran berita hoax hingga perlu menanamkan disiplin , wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme.
“Harapannya setelah dilaksanakan kegiatan ini mereka yang mewakili dari masing masing sekolah dapat menularkan berbagai pengetahuan bela Negara ini kepada teman temannya secara berkesinambungan”tegasnya.
Sementara itu Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Haryanto, SSTP menjelaskan bahwa kegiatan peningkatna Bela Negara ini bertujuan untuk peningkatan kesadaran bela nagara, meningkatkan nasionalisme dan cinta tanah air.
Kegiatan ini diikuti perwakilan SMA dan SMK se Kabupaten Pekalongan sejumlah 110 orang, dengan materi Unsur Dasar Bela Negara diantaranya Cinta Tanah Air, Kesadaran Berbangsa & bernegara, Yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa & Negara dan Memiliki kemampuan awal bela negara.(6)

Baca juga :  Diiming - Imingi HP Gadis Dibawah Umur Dicabuli Pria Beristri Dua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here