Jelang Pelaksanaan UNBK Walikota Serahkan 436 Komputer

0
80

Kota Pekalongan- Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018, Pemerintah Kota Pekalongan menyerahkan 346 unit komputer, 12 buah server dan 4 jaringan, Senin (19/03/2018) di SMP 4.

Sarana UNBK tersebut secara simbolis diserahkan Walikota Pekalongan H.M Saelany Machfudz kepada Kepala Sekolah SMP 4 yang akan melaksanakan UNBK pada tanggal 23 sampai dengan 26 April mendatang.

Pada Kesempatan itu Walikota Pekalongan mengatakan bahwa Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini merupakan tahun kedua, sehingga diharapkan lebih matang baik dari mulai proses persiapan hingga pelaksanaan. “ Harus ada strategi khusus untuk mensukseskan ujian, selain menyiapkan data anak-anak yang akan mengikuti ujian, beberapa tahapan dalam mensukseskan UNBK dan USBN juga harus dipersiapkan termasuk sarana pendukungnya,” terangnya.

Walikota menambahkan dengan diserahkanya sarana UNBK itu diharapkan dapat bermanfaat dan membantu kelancaran pelaksanaan UNBK. Namun menurutnya yang terpenting adalah kelancaran jaringan internet dan pasokan listrik. “ Jangan sampai pada saat pelaksanaan ujian tiba-tiba listrik padam atau jaringan/koneksi internetnya lambat atau bahkan terputus. Hal ini akan mengakibatkan kepanikan dan kecemasan pada anak-anak sehingga konsentrasi mereka kemudian buyar dan semangat mengerjakan soal ujian menjadi turun. Disamping itu untuk menghindari terkena virus, kami menyarankan sebaiknya perangkat komputer seminggu sebelum pelaksanaan ujian dikarantina,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan Soeroso menambahkan bantuan sarana UNBK tersebut diberikan kepada 15 Sekolah SMP/MTs di Kota Pekalongan dengan anggaran sebesar 2,8 M “ Dengan bantuan sarana UNBK ini semua SMP/MTs se Kota Pekalongan tahun 2018 ini dapat menyelenggarakan UNBK secara mandiri, hanya MTs Al Amin saja yang masih gabung dengan MAN 1 ” terangnya.

Baca juga :  Habaib dan Kyai Adalah Wujud Kitab Hidup

Ia menambahkan sampai dengan saat ini perisapan UNBK sampai dengan simulasi ketiga atau tahap terakhir. “ Mudah-mudahan dengan melakukan beberapa kali simulasi dan didukung sarana yang sudah ada UNBK tahun 2018 ini berjalan lancar,” pungkasnya.(6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here