Petani Didorong Jual Produk Secara Online

0
156
Keterangan Foto: Calon Gubernur Jateng Ganjar menyampaikan orasi di hadapan Peternak Unggas Kabupaten Kendal.

KENDAL – Petani di Jateng didorong untuk memulai menjual produk mereka secara online agar bisa memberikan keuntungan lebih besar, karena selama in yang mendapatkan keuntungan besar justru pengepul. Hal tersebut disampaikan Calon Gubernur Jateng nomor urut 1, Ganjar Pranowo usai acara  temu kangen komunitas masyarakat pecinta unggas di Kendal pada Minggu (1/13/2018).”Penjualan produk pertanian melalui online dinilai memberikan keuntungan yang lebih bagi petani,” ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, petani dapat menjual harga beras dengan harga yang lebih tinggi sesuai dengan harga pantas dijual di pasaran. Dijelaskan, dari survei Bank Indonesia, untuk beras agar sampai ke tangan konsumen harus melalui 8 perantara. “Hal ini membuat pedagang yang untung sedangkan petani tisak pernah menikmati untung yang besar,” terangnya.

Dikatakan, petanihaeus dilatih untuk menjual produk mereka sendiri baik melalui online maupun pemasaran sendiri agar mereka juga mendapatkan untung. Dicontohkan, petani cabai di Kabupaten Magelang. Mereka mampu untuk menjual cabe mereka sendiri bahkan sampai ke Bekasi.”Tentunya mereka dapat menjual harga cabai dengan harga pasaran Jakarta,” ujarnya.

Sedangkan untuk peternak unggas secara bersama-sama melakukan hal yang sama yaitu memasarkan produknya sendiri pastinya mereka mempunyai kekuatan penawaran tersendiri. Namun Ganjar sering mendengar keluhan dari peternak yang terbatasnya kesediaan pakan ternak. Sehingga kelompok peternak didorong untuk mendirikan mini pabrik pakan ternak sendiri.”Kami siap memfasilitasi dengan perbankan ataupun mencarikan investor,” terangnya.

Menurut Ganjar, Bank Jateng siap memfasilitasi dan memberikan pinjaman kepada para petani dan para peternak melalui program Kredit Usaha Rakyat.”Bunga untuk KUR di Bank Jateng merupakan paling rendah di seluruh indonesia yaitu sekitar 7% dibandingkan bunga KUR di BI yang mencapai 12%,” paparnya.

Keluhan serupa juga disampaikan oleh Ketua Peternak Unggas Kabupaten Kendal, Sutrimo. Menurutnya, ribuan peternak unggas mengeluhkan keterbatasan pakan yang juga membuat harga pakan menjadi tinggi.”Akhir-akhir ini harga pakan ternak menjadi tinggi. Sedangkan kami mempunyai ribuan ternak yang harus diberi pakan agar dapat terus berpoduksi,” pungkasnya.

Sementara iri Ketua DPC PDI Perjuangan Kabuapten Kendal dr Widya Kandi Susanti MM mengatakan, satu-satunya Gubernur Jawa Tengah yang sering bantu di Kendal ya G ajar Pranowo Dijelaksan, Sewaktu dieinya jadi bupati, sudah terbukti banyak bantuan Ganjar untuk Kendal. Untuk itu Widya pun mengajak tamu undangan yang semula duduk untuk berdiri.Mereka memekikkan, “Hidup Ganjar-Yasin, mari kita menangkan Ganjar-Yasin,” pintanya. (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here