Akibat Tergerus Air, Jalan Trans Nasional Pantura Alas Roban amblas

0
435

Batang – Musim hujan yang tengah berlangsung akhir-akhir ini berdampak pada banyaknya bencana alam menimpa diberbagai dearah. Jalan trans nasional jalur pantura jawa tengah, mengalami amblas dengan kedalaman hingga 1 meter.

Seperti inilah kondisi jalan pantai utara jawa tengah, wilayah p-p-k VII yang berada di jalan pantura gringsing alas roban, kabupaten batang, mengalami keretakan dan amblas. Kerusakan jalan tersebut khusus di ruas jalan tepat diperlintasan jembatan jalur tol gringsing exit, dengan diameter kelebaran hingga satu meter dan kedalaman lubang hingga 1 meter, sampai terlihat lapisan bawah yang berupa tanah yang tergerus air.
Menurut salah seorang warga yang kerap melintasi di jalan tersebut kerusakan jalan tersebut disebabkan lantaran musim hujan dengan intensitas tinggi, sehingga membuat jalan yang dibawah dan sampingnya merupakan bekas saluran draenase, terjadi gerusan sehingga lapisan pada jalan dari bawah terus terkikis sampai mengalami amblas. Akibat kejadian kerusakan jalan tersebut, kerap memakan korban khususnya para pengguna sepeda motor yang terperosok terjebak lubang. Ungkap Jupri yang tengah melintas di lokasi jalan amblas.

Sementara itu kepala pejabat pembuat komitmen satuan kerja pelaksana jalan wilayah kerja VII, Aditya viko Vignata mengatakan, terkait adanya jalan ambalas tersebut, jajaranya akan segera memperbaiki. Terkait kerusakan amblas pihaknya akan membongkar dan menambal lapisan sesuai dengan kedalaman yang tergerus air. Manakala cukup ditambal yang hanya perawatan standar saja. Terangnya.

Sementara itu, pria yang akrab dipanggil viko tersebut menambahkan, kalau kerusakan jalan yang timbul selama musim hujan ini dari 95 kilo sebanyak 10 persen kondisi jalan rusak. sebanyak 5 tim petugas langsung dikerahkan lembur hingga 3 pekan selama perbaikan dengan kapasitas sebanyak 50 sampai 90 ton hotmik per harinya.(6)

Baca juga :  Ratusan rumah di 4 desa rusak berat akibat terjangan puting beliung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here