Wow….Indahnya Taman Seribu Bunga Bengger Bukit Sri Gunung

0
2038
Keterangan Foto: Pengunjung menikmati indahnya taman bunga Bengger Bukit Sri Gunung.

BATANG – Liburan panjang mulai Jumat, Sabtu hingga Minggu (16-18/2/2018) membuat banyak orang ingin mencari suasana yang asri dan sejuk. Apalagi bisa melihat hijaunya surga alam dibalik perbukitan Alas Roban yang menyejukan hari. Hamparan bunga warna-warni bukit Srigunung Banyuputih, membuat hati dan jiwa menjadi segar dan tenteram  kembali saat menikmati liburan panjang. Anda penasaran seperti apa, berikut Laporannya…!

Taman bunga Sri Gunung, adalah sebuah perbukitan milik sebuah perusahaan berpelat merah yakni PTPN IX Siluwok, subah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang sebelumnya merupakan sebuah hutan karet yang sudah diperbarui dengan mengganti jenis tanaman baru. Tidak cukup bergerak disektor usaha perkebunan, kini perusahaan juga mengembangkan wisata alam dengan memanfaatkan perbukitan menjulang dengan ketingggian sekitar 350 meter dari permukaan air laut menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewati jika berkunjungan di Jalur Pantura Alas Roban, Batang, Jawa Tengah.

Musim libur panjang seperti yang tengah berlangsung saat ini, long weekend hari raya imlek, dimanfaatkan sebagian warga untuk menghabiskan waktunya dengan liburan. Bosan dengan rutinitas pekerjaan dan hiburan di perkotaan, tidak sedikit warga yang menjajal wisata baru dengan pemandangan khas, yakni view perbukitan pegunuangan selatan pulau jawa yang menawan, dan disisi utara juga bisa melihat keindahan pantai utara pulau jawa yang berdampingan dengan perbukitan nan hijau.

Tidak cukup dimanjakan dengan keindahan dari ketinggian bukit Sri Gunungan Kecamatan Banyuputih saja, mata kita menjadi berbunga-bunga dengan melihat warna-warni khas taman bunga yang menghiasi bukit yang sebelumnya gersang pasca ditabangnya hutan pohon karet. Beraneka ragam warna bunga, merah kuning dan hijau menjadi magnet tersendiri untuk digunakan sebagai tempat selfi, baik sendirian, bersama pacar, dan tentunya buat keluarga.

Seperti salah satu pengunjung yang asyik berselfi riya bersama keluarganya mengaku sengaja menujua destinasi wisata baru yakni taman bunga bukit srigunung. Dengan karcis masuk murah meriah yakni rp 8 ribu rupiah satu keluarga yang terdiri 4 orang langsung bisa masuk ke wisata alam tersebut. Dirinya mengaku setelah sebelumnya penasaran akan segera datang kembali bersama rombongan satu kantor, ungkap andy, salah seorang pengunjung dari Jakarta.

Riyanto Atmojo, Silinder kepala PTPN IX Siluwok, selaku pengelola taman bunga sri gunung, menceritakan sebelumnya bukit tersebut merupakan perkebunan karet. Melihat selama ini hanya dimanfaatkan oleh para kawula muda untuk melihat panorama dari ujung bukit dengan animo masyarakat yang terus meningkat, dari situlah mulai dikelola menjadi tempat wisata baru. Selain terdapat 4000 ribuan tanaman bunga jengger dengan corak yang membuat mata dibuat betah memandang, dari sinilah para pengunjung bisa melihat view yang luas, khususnya bisa melihat sunrise (matahari terbit) dan sunsit (matahari tenggelam).”Suguhan panorama alam yang lengkap pengunjung cukup hanya merogoh kocek Rp 3000 per orang. 10 gazebo serta flying fox bisa dinikmati saat berwisata di tempat tersebut,” terang Riyanto.

Sebelum mencoba wisata baru yang terdapat di bukit sri gunung tentunya pengunjung harus benar-benar fit. Pasalnya, untuk menuju lokasi cukup menantang, dengan medan jalan hanya bisa dilintai satu mobil atau kalau dengan sepeeda motor kondisinya mesin prima, dan kalau jalan kaki akan merasakan tanjakan yang lumayan mengasyikan.(6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here