Kali Kendal Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

0
418

KENDAL – Hujan yang mengguyur wilayah Kendal, Kamis (15/2/2018) malam mengakibatkan Kali Kendal meluap.   Akibatnya ratusan rumah di  lima kelurahan terendam banjir dengan kedalam 30-40 cm. Lima kelurahan yang terendam banjir yaitu Patukangan, Pekauman, Kebondalem, Langenharjo dan Ngilir.

Sapari warga Pegulon mengatakan, air mulai masuk rumah warga sekitar pukul 02.00 WIB dinihari, namun krena sudah terbiasa dirinya dan keluarga tidak mengungsi, hanya saja barang berharga milik warga diselamatkan ke tempat yang aman.”Banjir  di sepanjang aliran Kali Kendal merupakan banjir langganan, setiap hujan deras di daerah atas sini pasti banjir, tapi ini lumayan besar,” ujarnya.

Tanggul Jebol
Sementara  akibat banjir bandang  Jumat pekan lalu mengakibatkan tanggul Kali Waridin yang berada di Desa Kebonadem Kecamatan Brangsong jebol  akibatnya  warga di tiga  desa juga terendam banjir.

Keterangan Foto: Warga gotong-royong pasang trucuk bambu dan karung berisi pasir.

Kumaidi, Kepala Desa Kebonadem Kecamatan Brangsong mengatakan, warga  gotong-royong memesang trucuk dari bambu dan memberi pasir dalam karung untuk menahan longsor agar tidak jebol tanggulnya. Dikatakan, pemangan trucuk dilakukan seadanya kepadanya dana yang terbatas.

Dikatakan, ada tiga  titik tanggul yang  jebol  dispanjang bandara Kali Waridin yakni di  Desa Kebonadem tepatnya di jembatan perbatasan Desa Kebonadem, Desa Kumpulrejo dan  di Desa Balun.”Kami dan warga berharap pemerintah bisa segera memberikan bantuan  pemasangan trucuk atau bronjong agar tanggung  yang jebol tidak semakin lebar,” harapnya. (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here