Tumbuhkan Kreasi Masyarakat, Baperlitbang Gelar Lomba Kreanova 2018

0
244
Keterangan Foto: Baperlitbang Kabupaten Kendal menggelar lomba kreanova 2018.

KENDAL – Untuk menghidupkan kreasi dan inovasi masyarakat, Baperlitbang Kabupaten Kendal menggelar Lomba Kratifitas dan Inovasi (Krenova) Tingkat Kabupaten Kendal, Tahun 2018, Rabu (7-8/2/2018). Rangkaian kegiatan ini, telah dimulai sejak tanggal 15 Januari 2018. Peserta diminta untuk mengumpulakan hasil inovasi/penemuannya dengan dibuktikan oriniliasitas dan produk alat ataupun prasarana yang menunjang penemuan tersebut. Lomba ini diikuti oleh 50 peserta dengan 23 inovasi, baik dari individu maupun kelompok.

Kepala Baperlitbang Kabupaten Kendal, Winarno SH MM melalui Sekretaris Baperlitbang Puji Astuti SE dalam sambutan pembukaan Lomba Krenova mengatakan, guna memacu pencapaian hasil kreatifitas dan inovasi diperlukan upaya pemberian apresiasi terhadap prestasi keberhasilan. Sehingga kreativitas dan inovasi masyarakat terus dikembangkan, agar menjadi budaya kreasi dan inovasi. Agar meningkatkan daya saing masyarakat, yang ditandai munculnya berbagai bentuk produk unggulan IPTEK.
“Kita akan memberikan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Kendal, yang telah berhasil melakukan inovasi. Lebih-lebih inovasi tersebut sudah terbukti berguna bagi masyarakat,” jelasnya.

Winarno menjelaskan, lomba kreanova 2018 nantinya diharapkan mampu mengguggah karya – karya baru yang orisinal, kreatif dan inovatif. Guna mendorong dan memberikan penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Kendal, secara individu maupun kelompok yang telah berhasil sebagai penemu dan pengembang. Dimana karya-karyanya secara nyata sudah diterapkan dan terbukti kemanfaatannya.

Pihaknya akan terus mendorong masyarakat untuk melakukan inovasi. Ketua Panitia, yang juga Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Baperlitbang Kabupaten Kendal Rondi SSos MSi menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan lomba ini, adalah untuk mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat Kabupaten Kendal. Untuk berbudaya kreatif dan inovatif dalam bidang iptek, yang penerapannya tepat guna di masyarakat.“Mudah-mudahan dalam lomba ini muncul, produk-produk unggulan yang bisa bersaing dipasaran,” katanya.

Penjurian akan dilakukan selama dua hari, dan dilanjutkan dengan penilaian lapangan untuk membuktikan bahwa produk tersebut orisinal dan memang berguna untuk masyarakat sekitar khususnya Kabupaten Kendal. Akan diambil 3 pemenang penemuan dari 23 inovasi, yang dilombakan. Sebagai apresiasi pemenang lomba, peserta akan mendapatkan hadiah berupa Tropi, Piagam, uang pembinaan dan sekaligus akan ditunjuk mewakili Kabupaten Kendal dalam Lomba Krenova Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 Maret mendatang. (1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here