Longsoran Talut SDN Depok, Tutup Akses Jalan Desa

0
124
Keterangan Foto: Babinsa dibantu polisi dan warga membersihkan material longsor talud SDN Depok.

PEKALONGAN – Curah hujan yang tinggi, mengakibatkan talut di SD N Depok Kecamatan Lebakbarang, Pekalongan longsor. Selain itu, longsornya talud pembatas pagar sekolahan ini juga mengancam tiga ruang di SD setempat. Tidak ada korban dalam musibah itu, mengingat jatuhnya longsoran talut menuju ke jalan desa setempat.

Kepala SD N Depok, Dahlan, saat ditemui oleh wartawan menjelaskan robohnya talut atau bangunan pagar sepanjang 15 meter dengan tinggi 4 meter tersebut telah diantisipasi oleh sekolah. Mengingat, sejak intensitas curah hujan tinggi, pada hari Sabtu (3/1/2018) talut sudah mulai retak-retak. Namun intensitas hujan yang terus meningkat, membuat talud ahirnya longsor.”Di sini hujan terus, sejak sabtu talud sudah mulai retak-retak dan akhirnya roboh seperti ini karena sudah tidak kuat menahan beban air,” kata Dahlan, Selasa (6/2/2018).

Menurut Dahlan, kendati yang terkena longsor hanya talut sekolah, pihaknya juga merasa khawatir mengingat ruang guru maupun tiga ruangan lainnya kini terancam longsor. Jarak ruangan ini dengan talud yang longsor kurang dari satu meter.”Ini tidak mengganggu, tapi kita harus ekstra hati-hati juga. Kita ekstra awasi anak-anak agar tidak bermain di sekitar lahan yang longsor,” jelasnya.

Ditambah lagi diperkirakan intesitas hujan akan masih tinggi. Dia khawatir hujan yang terus mengguyur akan menggerus tanah di belakang dan depan gedung sekolahnya.
“Jalan ke kelas ya lewat sini. Harus hati-hati karena berjarak dekat dengan yang longsor. Kita khawatirnya bila hujan datang akan menggerus ruangan lainnya juga,” kata Dahlan.

Mengetahui hal tersebut Babinsa koramil Lebak Barang Serma Samiran, langsung mengajak warga bersama – sama gotong royong membersihkan material longsoran bangunan yang menutup sebagian badan jalan desa. Dikatakan, kalau longsoran tidak dibersihkan maka akan mengganggu aktivitas warga. Ahirnya dengan dibantu dari anggota Polsek Lebak barang dan warga sekitar semua gotong-royong membersihkan sisa tanah dan material yang menutu akses jalan tersebut. Dalam waktu jgn tidak lama akses jalan kembali terbuka dan langsung dimanfaatkan warga sekitar .”Alhamdulillah longsoran talud SDN Depok yang menutupi jalan berhasil dibersihkan, sehingga akses jalan kembali berfungsi normal,” ujar Samiran.(6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here