IWO Jateng Berkomitmen Netral di Pilgub Jateng

0
97

Semarang – Ikatan Wartawan Online (IWO) Jawa Tengah memastikan bakal bersikap netral dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. IWO Jawa Tengah sebagai organisasi dilarang memberikan dukungan terhadap kandidat calon guburnur tertentu dalam Pemilihan Kepala Daerah Jateng 2018.

“Salah satu hasil rapat kerja di Kampung Djawa Sekatul, Kendal,menegaskan sikap politik bahwa secara organisasi IWO bersikap netral di Pemilihan Gubernur Jateng 2018,” kata Ketua IWO Jateng, Mustholih, Semarang, 5 Februari 2018.

Namun, IWO Jateng tidak melarang apabila ada salah satu anggotanya yang memiliki hak pilih menyalurkan aspirasinya kepada salah satu kandidat. Sebab, setiap warga negara dalam negara demokrasi mempunyai hak memilih dan dipilih. “Meski demikian, anggota IWO Jateng harus tetap mampu menjaga independensi saat menulis berita. Jangan sampai dalam menulis berita, terkesan berat sebelah,” ujar Mustholih menegaskan.

Ikatan Wartawan Online Jawa Tengah akhirnya menggelar rapat kerja untuk pertama kali setelah dideklarasikan pada 26 September 2016. Rapat tersebut digelar pada 3-4 Februari 2018 di Kampung Djawa Sekatul, Kendal.

Raker itu membahas rencana kerja IWO Jateng selama satu sampai dua tahun ke depan. “Ada beberapa program kerja yang akan diselenggarakan IWO Jateng dalam jangka pendek dan jangka panjang,” kata Wakil Ketua IWO, Deni Setiawan, menambahkan.

Menurut Deni, dalam waktu dekat ini IWO akan membuat kartu anggota bagi wartawan-wartawan online yang bernaung di organisasinya. Selain itu, kata Deni, ditargetkan pada Maret nanti, IWO Jateng merilis situs yang akan memuat agenda-agenda organisasi secara online. “Kita akan mendata keanggotaan IWO agar secara organisasi bisa berjalan tertib. Sedangkan situs organisasi dibentuk untuk publikasi agenda-agenda internal organisasi,” jelas Deni.

Adapun jangka panjang, IWO Jateng berencana membuat cabang organisasi di tingkat Kabupaten atau Kota di Jateng. Menurut Deni, dalam satu tahun ke depan, diharapkan IWO sudah ada di tujuh Kabupaten atau Kota se-Jateng. “Langkah awalnya, Maret insya allah kita akan membentuk IWO di Kabupaten Kendal. Kapan tepatnya, nanti akan kita beri tahu lagi,” terang Deni.

Baca juga :  Dandim 0710 Pekalongan Tegaskan TNI harus jaga netralitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here