Truk Muatan Kayu Terguling, Pantura Macet 2 KM

0
213
Keterangan Foto: Anggota Satlantas Polres Kendal dibantu warga mengevakuasi kayu yang tumpah ditengah jalan.

KENDAL – Truk pengangkut kayu jati bernomor polisi H 1840 BA terguling di tanjakan jembatan Kaliblukar, Cepiring Kendal pada Jum’at (2/2/2018) sore. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu, namun akibat truk terguling Pantura dari arah kendal menuju Jakarta macet mencapai 2 km lebih. Pasalnya, kayu yang berada di dalam truk tumpah ketengah jalan dan menghambat pengendara yang mau lewat, sehingga terjadi kemacetan yang panjang.

Kanit Regident Polres Kendal Iptu Hadi Siswoyo mengatakan kecelakaan terjadi pada pukul 15.00 WIB. Dikatakan bahwa kejadian itu terjadi karena faktor truk yang kondisinya sudah tua, sehingga tidak mampu naik tanjakan dan ahirnya terguling.”Truknya sudah tua, buatan 1975 ditambah dengan muatan yang berat. Jadi saat menanjak truk tidak kuat. Ditambah lagi truk itu memang tidak ada rem tangan sehingga gelondor kebelakang,” ujarnya.

Menurut Hadi, saat ini jajaran Satlantas Polres Kendal beserta warga tengah melakukan evakuasi muatan truk tersebut agar lalu lintas kembali lancar. Tampak beberapa warga bergotong-royong mengevakuasi kayu tersebut.”Ini kami evakuasi kayu terlebih dahulu, sambil menunggu truk derek datang. Jadi saat diderek truk menjadi ringan,” jelasnya.

Hadi menambahkan, beruntung masyarakat sekitar banyak yang membantu evakuasi kayu yang tumpah tengah jalan sehingga arus lalu lintas kembali lancar kembali.Darno(64) sopir truk tersebut nampak syok dengan kejadian itu. Ia menceritakan bahwa dirinya hendak mengantar muatan kayunya dari Prupuk, Tegal menuju Semarang.”Truk mogok saat menanjak, kemudian saya turun untuk mengganjal ban truk karena saya sendirian,” katanya.

Namun karena muatan yang berat yaitu mencapai 10 ton, truk bergerak mundur melompati ganjal yang telah dipasang. Akibatnya badan truk beserta muatan tumpah ruah di ruas jalan berlawanan.”Beruntung tidak ada korban dalam kecelakaan ini,” ujarnya. Saat ini kasus kecelakaan itu dalam penanganan Satlantas Polres Kendal.  (1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here