Hadapi banyak kendala, ruas tol jakarta-cikampek II Optimis target Beroperasi April 2019 akan tercapai.

0
282

JAKARTA – Realisasi pembangunan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) tetap menunjukkan progres positif. Realisasi progres konstruksi hingga minggu kedua di bulan Januari 2018 mencapai 20,174%. Capaian realisasi tersebut melebihi target yang ditetapkan, yaitu sebesar 20,159%, Senin (22/01/2018).

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikamek (JJC) Djoko Dwijono selaku pengelola Jalan Tol Jakarta – Cikampek II (Elevated) ini menyebutkan bahwa pihaknya akan terus melakukan segenap upaya percepatan guna merealisasikan target yang telah ditetapkan untuk dapat dioperasikan pada bulan April 2019 nanti.

Kendati progres pembangunan melampaui target, Djoko mengakui terdapat sejumlah tantangan utama dalam proses pembangunan jalan tol layang yang dibagi menjadi 10 zona tersebut. Tantangan utamanya adalah kepadatan volume kendaraan di Ruas Jakarta-Cikampek. Hal tersebut ditambah lagi dengan adanya empat proyek infrastruktur lainnya di koridor yang sama, yaitu Light Rail Transit (LRT), High Speed Railway (HSR), Jalan Tol Cibitung – Cilincing, serta proyek internal Cabang Jakarta – Cikampek.

“Tantangan utamanya adalah kepadatan volume kendaraan, dan di sini sedang berlangsung juga kegiatan Empat proyek lain. Padahal rekayasa lalu lintas selalu dilakukan, seperti misalnya seminim mungkin menutup lajur dalam waktu singkat, atau melakukan contra flow serta imbauan menggunakan rute perjalanan alternatif lainnya apabila kondisi jalan sangat padat.” paparnya

Djoko juga menambahkan bahwa timnya sangat optimis untuk menyesaikan proyek ini sesuai dengan target yang sudah ditentukan. “Namun memang volume kendaraannya sangat padat jadi, harus bagaimana lagi, kita harus bisa hadapi tantangan tersebut demi kelancaran pemabangunan  ruas tol jakarta-cikampek ini, karena sudah menjadi tanggung jawab kami”. tambahnya.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ini merupakan proyek inisasi Jasa Marga sebagai solusi dari kepadatan yang sering terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, sekaligus sebagai jalur alternatif bagi pengguna jalan tol yang akan menuju ke Cikampek/Bandung atau menuju Jakarta. Jalan tol sepanjang kurang lebih 38 Km ini membentang di Ruas Cikunir – Karawang Barat.(6)

Baca juga :  Diproyeksikan akan Beroperasi Penuh pada Awal Tahun 2018, Jalan Tol Solo-Ngawi Kebut Penyelesaian Konstruksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here