Penilain lomba IVA test Tingkat Provinsi jawa tengah

0
295

KAJEN – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan melalui Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dalam mencegah kanker serviks melalui Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA) test diapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dengan terpilihnya TP PKK Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan mengikuti lomba IVA test tingkat Provinsi. TP PKK Kecamatan Tirto masuk tiga besar dan akan bersaing dengan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Cilacap untuk meraih juara I Tingkat Jawa Tengah.
Tim penilai lomba IVA test yang diketuai oleh Tuti Hendrawan, dari Kelompok Kerja (Pokja) IV TP PKK Provinsi Jawa Tengah, beserta rombongan diterima langsung oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si beserta istri yang notabene adalah Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan.

Tim penilai lomba dari provinsi melakukan kegiatan penilaian IVA test yang dipusatkan di Puskesmas I Tirto, Selasa (16/01/2018), yang sebelumnya diawali dengan sambutan dari Bupati Pekalongan, KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si dan laporan dari Ketua TP. PKK Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Munafah Asip Kholbihi di Pendopo Kantor Kecamatan Tirto.
Dalam laporannya, Ketua TP. PKK Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Munafah menyampaikan, TP. PKK Kabupaten Pekalongan, selama ini melaksanakan kegiatan IVA test secara berjenjang dan berkesinambungan. “Kami melakukan penyuluhan, sosialisasi IVA tes, ditingkat kota, kelurahan, kecamatan, sekolah menengah atas, pengajian-pengajian, perusahaan-perusahaan, rumah sakit, dan menggerakan masyarakat untuk periksa tes IVA.
Adapun peran PKK Kabupaten Pekalongan dalam pengobatan terapi kanker, PKK bekerjasama dengan Puskesmas melakukan pendampingan dan pemeriksaan dengan mendatangi langsung ke masyarakat melalui Program Homecare. Selain itu, membantu proses rujukan ke rumah sakit, serta memfasilitasinya dengan ambulan gratis

“Upaya pencegahan terus kami upayakan, dengan terus melakukan penyuluhan, sosialisasi serta pemeriksaan agar masyarakat Kabupaten Pekalongan senantiasa sehat dan semakin peduli terhadap kesehatannya, terutama kesehatan leher rahim,” ucap Ny. Munafah Asip.
Kemudian, Bupati Pekalongan, KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si, menuturkan, peningkatan kualitas kesehatan perempuan yang dilaksanakan melalui kegiatan tes IVA di Kabupaten Pekalongan, melalui deteksi metode IVA diharapkan dapat semakin meminimalisir penyakit kanker serviks. “Semua ini tidak terlepas dari peran TP PKK Kabupaten Pekalongan bersama para kadernya, deteksi dini kanker serviks dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan penggerakan masyarakat,”paparnya.

Dirinya berharap, kegiatan lomba IVA Test Tingkat Provinsi ini dapat menjadi semangat serta motivasinya untuk terus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Bukan semata untuk mendapatkan penghargaan. “Kami juga berharap, agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan berkesinambungan sehingga masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA test sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks,” jelasnya.
Dapat diinformasikan, faktor-faktor penyebab Virus Human Papilloma (HPV) dan kanker leher rahim diantaranya aktivitas seksual sebelum usia 20 tahun, berganti-ganti pasangan seksual, terpapar infeksi yang ditularkan secara seksual, ibu atau kakak yang menderita kanker leher rahim, tes Pap (menentukan kesehatan leher rahim (serviks) atau menemukan adanya perubahan abnormal pada sel-se) sebelumnya yang abnormal, serta merokok.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan, Camat Tirto beserta jajaran, Ketua TP PKK Kecamatan Tirto beserta Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Tirto, Muspika Kecamatan Tirto, pewakilan BPJS Kesehatan Pekalongan, Bank Jateng dan undangan lainnya.(6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here