Yayasan CSR PT APF Harapkan Perusahaan Lain Bersinergi Bangun Kendal

0
252
Pimpinan Yayasan CSR PT APF menunjukan Ketua Umum Yayasan CSR PT APF Kalay Silwan didampingi Pembina CSR PT APF Kaliwungu Joko Purnomo dan Ketua CSR PT APF Kaliwungu Asyraf Darwis menunjukan piagam penghargaan CSR Bupati Award 2017.

Kendal – Mendapatkan dua kali CSR Bupati Kendal Award berturut-turut tidak lantas membuat pengurus Yayasan CSR PT APF jumawa. Namun mereka justru ingin menggandeng perusahaan lain untuk bersinergi mengeluarkan CSR mereka sebagai kewajiban perusahaan untuk bersama-sama membangun Kendal.

Hal tersbut disampaikan Ketua Umum Yayasan CSR PT APF Kalay Silwan didampingi Pembina CSR PT APF Kaliwungu Joko Purnomo dan Ketua CSR PT APF Kaliwungu Asyraf Darwis di kantor PT APF, kemarin.”Tentu kami sangat senang mendapatkan penghargaan dua kali, tapi itu bukan tujuan kami. Justru kami sangat berharap semua perusahaan di Kabupaten Kendal bisa bersinergi melalui CSR masing-masing untuk membangun Kendal,” ujarnya.

Kalay mengatakan, penghargaan CSR Bupati Kendal yang di terima Yayasan CSR PT APF akan memacunya bekerja lebih semangat lagi ditahun mendatang. Menurut Kalay, sebenarnya setiap Yayasan CSR PT APF ingin mengalokasikan dana sebesar Rp 3 milliar untuk dua perusahaan yaitu PT APF di Kerawang Jabar dan PT APF Kaliwungu Kendal, Jateng. Namun kondisi perekonomian yang labil ahirnya di alokasikan Rp 2,4 milliar untuk Kewarang Jabar dan Kaliwungu Kendal, Jateng.

Ketua Yayasan CSR PT APF Kaliwungu Asyraf Darwis mengatakan, Yayasan CSR PT APF dalam mendistribusikan dana CSR dibagi menjadi beberapa bidang seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, tanggap bencana, kesejahteraan masyarakat atau ekonomi dan pengentasan kemiskinan.”Untuk tahun ini kami juga akan membuat bank sampah dan melakukan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan rutin seperti pemberian bea siswa untuk anak yatim piatu, santunan anak yatim piatu dan pengobatan gratis bagi warga kurang mampu tetap berjalan seperti biasa. Dikatakan, selain itu bantuan sembako menjelang Idhul Fitri dan pemberian hewan kurban berupa sapi dan kambing juga berjalan setiap tahunnya.”Setiap tahun kami juga merencanakan untuk merehab rumah tidak layak huni bagi warga yang kurang mampu,” ujarnya.

Baca juga :  Kodim 0710 Pekalongan Maksimalkan Mitra Bulog Untuk Penuhi Target Sergap

Menurut Asyraf, CSR APF Kaliwungu mengutamakan dua desa yang bersentuhan langsung dengan PT APF yaitu Desa Sumberejo dan Nolokerto, baru setelah itu desa lain di Kabupaten Kendal. Ditambahkan setelah mendapatkan CSR Bupati Award pihaknya akan merangkul perusahaan lain bersinergi membangun Kendal.”Belum banyak perusahaan. Yang memanfaatkan CSR mereka secara terprogram dan terstruktur.”Alhamdulillah ditempat kami sejak Desember 2017, program tahun 2018 sudah selesai disusun termasuk kebutuhan dana. Diperkirakan untuk PT APF Kaliwungu 2018 siapkan dana Rp 1,5 Milliar,” jelasnya.

Sementara Pembina CSR PT APF Kaliwungu Joko Purnomo mengatakan, setiap program CSR yang PT APF distribusi akan tidak pernah ada yang bersifat promosi karena perusahaannya menjual barang tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. ”CSR kami murni untuk kegiatan sosial tidak ada muatan promosi,” jelasnya. (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here