Siswa Belajar ke Dewan Kendal

0
499
KUNJUNGAN - Para siswa dari SMA Muhammadiyah 4 Kendal saat melakukan kunjungan belajar ke DPRD Kendal.

KENDAL – Siswa-siswi SMA Muhammadiyah 4 Kendal melakukan kegiatan lapangan dalam rangka kelanjutan pembelajaran di kelas, yang telah dilaksanakan untuk mata pelajaran PPKN. Jumlah siswa yang hadir melakukan kunjungan belajar ke DPRD Kendal ada sebanyak 115 siswa dari kelas X dan XI, bersama 6 guru pendamping. Kedatangan mereka diterima Ketua DPRD Kendal, H Prapto Utono, di Ruang Paripurna.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMA Muhammadiyah 4 Kendal, Ikhwan Setiawan, mengatakan, kunjungan belajar dimaksudkan untuk memperoleh pengetahuan secara langsung di lapangan. Sehingga diharapkan siswa dapat mengetahui kondisi yang ada dan dapat bertanya dengan sumbernya secara langsung. “Ini sebagai upaya mensinkronkan pelajaran PPKN antara teori dan praktek di lapangan,” ujarnya.

Ikhwan menambahkan, kegiatan belajar ke lapangan ini rencananya akan dilakukan rutin setahun sekali. Sehingga tiap-tiap angkatan bisa merasakan kunjungan satu kali selama bersekolah di SMA Muhpat Kendal. “Kunjungan belajar seperti ini diharapkan bisa dilakukan bersama-sama seluruh siswa,” paparnya.

Menurutnya, ternyata banyak hal yang harus diketahui oleh pelajar, namun belum disampaikan di sekolah. Untuk itu, Ikhwan menyampaikan masukan agar bisa dimasukan dalam kurikulum muatan lokal, agar para pelajar Kendal mengetahui tentang kondisi Kendal secara menyeluruh.

“Sebagai pelajar Kendal, sebaiknya mengetahui tentang kondisi Kendal, baik program pemerintah maupun potensi yang ada di daerah ini. Untuk itu, sebaiknya bisa dimasukan dalam kurikulum muatan lokal,” harapnya.

Ketua DPRD Kendal Prapto Utono menyampaikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan DPRD Kendal, seperti fungsi, tugas, dan kedudukan dewan. Selain itu, juga menyampaikan terkait pemerintahan daerah dan potensi Kabupaten Kendal.

“Saya berharap kegiatan kunjungan belajar seperti ini bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lain, sebagai pembelajaran pendidikan politik bagi pelajar,” ucapnya. (3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here