Kendal Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Pelaksanaan DAK Irigasi Tahun 2023

0
7

KENDAL Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kendal menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Terbaik dalam pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang irigasi tahun 2023.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Perumahan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kabupaten Kendal, Khoirul Ridho, mengatakan penghargaan ini merupakan kerja keras dan keberhasilan semua pihak di Pemkab Kabupaten Kendal. Dikatakan, Dinas PUPR Kenddal selaku OPD tehnis dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan serta pelaporan atas arahan banyak pihak. Penghargaan di bidang irigasi, mencakup perencanaan jaringan irigasi, bendung, dan saluran air.”Penghargaan ini diserahkan pada acara Rapat Kerja Pelaksanaan DAK Fisik Infrastruktur PUPR di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 1 Juli lalu,” ujarnya, Jumat, (05/07/2024) di Ruang Rapat Abdipraja Kabupaten Kendal.

Dijelaskan, Penghargaan ini merupakan hasil realisasi DAK sebesar Rp 4 miliar tahun 2023. Dana itu digunakan untuk rehabilitasi Daerah Irigasi (DI) Wonorejo tepatnya di Desa Kedungsuren Kaliwungu Selatan untuk mengairi 188,9 hektar sawah meliputi Desa Sidomakmur, Jerukgiling dan Kedungsuren.”Rehanilitasi DI Wonorejo menghabiskan dana Rp 2,4 M,” jelasnya.

Selanjutnya, rehabilitasi DI Gruyung di Desa Pucakwangi Kecamatan Pageruyung untuk mengairi 33,15 hektar menelan dana Rp 1,9 M.

Ridho menambahkan, penghargaan ini merupakan yang pertama kali diadakan dan akan menjadi program tahunan.”Selain penghargaan, Kabupaten Kendal juga akan menerima reward berupa peningkatan alokasi DAK di masa depan,” ucapanya.

Selanjutnya untuk DAK tahun 2024 sebesar Rp 5,4 miliar rupiah untuk rehabilitasi DI di Desa Wadas Kecamatan Plantungan 67,4 hektare dengan anggaran Rp 2,5 miliar dan Getas Blawong 45,95 hektare dengan anggaran Tp 2,6 miliar.

Untuk tahun 2025, Kendal akan mengajukan rehabilitasi di Kramat Sukorejo dan Pilang Boja, dengan total 686 di Kendal, di mana 65,25 persen di antaranya telah terairi dengan baik. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini