RSUD dr Soewondo Berharap Lulus Akreditasi Dengan Predikat Paripurna

0
14

KENDAL – RSUD dr Soewondo berharap dapat lulus Akreditasi dengan predikat Paripurna. Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD dr H Soewondo saat penilaian dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit, Damar Husada Paripurna (LARS DHP). Penilaian dilakukan secara bertahap sejak enam bulan terakhir dan penilaian akhir dilakukan dia tahap yaitu 1 Desember secara daring dan 8-9 Desember dilakukan secara langsung.

Direktur RSUD dr H Soewondo, dr Saikhu mengatakan penilaian akreditasi ini dilakukan oleh Lembaga independen sejak enam bulan lalu. Dikatakan penilaian tahap awal sudah dimulai sejak bulan lalu. Ada 16 standar yang dilakukan penilaian yaitu meliputi 1. Pendidikan Dan Pelayanan Kesehatan (PPK) 2. Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) 3. Hak Pasien Dan Keluarga (HPK) 4. Komunikasi Edukasi (KE) 5. Peningkatan Mutu Dan Kesehatan Pasien (PMKP) 6. Program Nasional (PROGNAS) 7. Akses Dan Kesinambungan Pelayanan (AKP) 8. Pengkajian Pasien (PP) 9. Pelayanan Dan Akses Pasien (PAP) 10. Pelayanan Anestesi Dan Bedah (PAB) 11. Pelayanan Kefarmosida Dan Penggunaan Obat (PKPO) 12. Managemen Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan (MRMIK) 13. Kualifikasi Dan Pendidikan Staf (KPF) 14. Pencegahan Dan Pengendalian Infleksi (PPI) 15. Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS) dan 16. Managemen Realitas Dan Kesehatan (MRK).”Kita berdoa semoga setelah dilakukan penilaian kami mendapatkan Akreditasi Paripurna yaitu penilaian tertinggi,” doanya.

Dijelaskan, RSUD dr H Soewondo Kendal mendapatkan akreditasi Paripurna terakhir pada tahun 2016 dan 2019 mendapatkan akreditasi utama.

Ketua tim penilaian dari LARS DHP, dr Gregorius Anung Trihadi MPH mengatakan penilain yang sesuai standar aakreditas merupakan pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit untuk memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh pemerintah. Dikatakan, proses akreditasi dirancang untuk neningkàtkan budaya keselamatan dan budaya mutu di rumah sakit, sehingga rumah sakit berusaha meningkatkan mutu dan keamanan pelayanan, dilaksanakan oleh seluruh karyawan terutama yg berhubungan langsung dengan pelayanan pada pasien dan keluarganya.”Semua harus bekerja sama untuk mewujudkan RSUD dr H Soewondo Kendal yang menjamin nutu dan keselamatan pasien,” kelasnya.

Dijelaskan, dengan akreditasi diantaranya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan RSUD dr H Soewondo Kendal, terciptanya lingkungan yang aman, nyaman untuk kesembuhan pasien, memberikan jaminan kepuasan serta perlindungan kepada masyarakat.”Dari 16 pokja yg dinilai semoga bisa lolos dengan predikat Paripurna,” katanya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang sempat mendampingi tim penilai menyambut baik dilakukan Akreditasi oleh LARS DHP untuk RSUD dr H Soewondo.”Kalau dari persiapan dan kesiapan yang dilakukan jajaran RSUD dr H Soewondo, semoga bisa mendapatkan predikat paripurna,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here