Di Tengah Pandemi, Perhutani KPH Kendal, Sukses Optimalkan Lahan Mangkrak Jadi WBC

0
144

KENDAL – Meski di tengah pandemi Covid-19, Perhutani KPH Kendal sukses melakukan optimalisasi lahan mangkrak menjadi pusat ekonomi baru di Weleri. Dengan menggandeng pihak ketiga, Perhutani KPH Kendal berhasil merubah lahan puluhan tahun tidak berfungsi menjadi pusat bisnis baru yang diberi nama Weleri Bisnis Center (WBC).

Waka ADM Perhutani KPH Kendal, Gatot Farid Prabowo mengaku sangat bersyukur akhirnya bisa mengoptimalkan aset yang mangkrak menjadi pusat ekonomi baru di Weleri.”Kami sangat senang bisa membuka lapangan kerja bagi warga sekitar WBC dan menampung pedagang korban kebakaran Pasar Weleri I,” ujarnya, Rabu (06/01/2021).

Dikatakan, para pedagang yang menempati kios-kios WBC mendapatkan hak guna pakai selama lima tahun dan bisa diperpanjang setelah habis kontrak.”Saat ini hingga lima tahun kedepan pengalaman dibawah pihak ketiga, namun setelah lima tahun selesai hak kelola menjadi milik Perhutani KPH Kendal,” jelasnya.

Pihak ketiga dari CV Bida Karya, Agus Darmanto mengatakan saat ini sudah selesai dibangun 50 unit kios dan dua bangunan untuk fasilitas umum yaitu mushola dan toilet. Namun dari 50 kiosn yang sudah terjual 46 positif.”Yang susah ditempati sekitar 15 kios, terutama para pedagang korban Pasar Weleri I,” jelasnya.

Dijelaskan, para pedagang yang sudah mulai menempati kios dan sudah jualan sejak menjelang Natalan dan tahun baru. Ditambahkan, meski WBC belum dilaunching pihaknya bersyukur pedagang sudah banyak yang jualan dan sudah mulai ramai.”Untuk launching kami menunggu jadwal dari Perhutani KPH Kendal,” jelasnya.

Agus Darmanto menambahkan keberadaan WBC sangat didukung masyarakat sekitar karena fasilitasi umum seperi toilet, parkir dan mushola diserahkan warga sekitar yaitu warga Desa Karangdowo.

Salah satu pedagang yang berjualan di WBC, Givan yang juga eks pedagang korban kebakaran Pasar Weleri I mengaku sudah mulai buka sejak tanggal 21 Desember. “Sekarang saya sudah mendapat ganti tempat yang layak dan bagus, di WBC, semoga kedepan tempatnya ramai dan pedagang laris manis,” katanya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here