Cara Warga Bulak, Bantu Tetangga Terdampak Covid-19 Dengan Sedekah

0
16

Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi di Indonesia sejak awal tahun 2020  mengakibatkan banyaj sektor terpuruk, terutama disektor kesehatan, pariwisata dan ekonomi masyarakat secara umum. Banyak karyawan yang menjadi korban phk dan di rumahku. Untuk mengantisipasi dan menindaklanjuti program ‘Jogo Tonggo’ dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Pemdes Bulak Kecamatan Rowosari mewujudkan dengan memasang tempat sedekah bagi warga yang ingin membantu tetangganya sekaligus warga yang membutuhkan bisa mengambil bahan pokok yang dibutuhkan ditempat yang sama. Program ini sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir.

Kades Bulak, Zaenal Alimin mengatakan porogram ini merupakan tindaklanjut dari program ‘Jogo Tonggo’ dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo unruk membantu warga atau tetangga yang mengalami kesulitan membeli bahan baku karena dampak covid 19.”Alhamdulillah program ini disambut baik warga Desa Bulak,” ujarnya, <span;>Jumat  (27/11/2020).

Dijelaskan, sedianya Pemdes Bulak menjadwalkan warga yang ingin bersedekah dan mengambil sembako hasil sedekah setiap hari Senin, Rabu dan Jumat namun ternyata antusias warga untuk bersedekah cukup tinggi sehingga hampir setiap cukup banyak yabg secara sukarela bersedekah.”Karena warga yang bersedekah banyak ya kita persilahkan,” jelasnya.

Salah satu warga yang memberikan sedekah, Munadhiroh (46) mengaku bersyukur bisa bersedekah sembako walaupun tidak banyak. Munadhiroh mengaku, kegiatan saling membantu ini sangat positif dan harus digalakkan untuk menumbuhkan kepekaan sosial warga Desa Bulak.”Semoga kegiatan ini, bisa langgeng,” harapnya.

Ngaisah (55) warga yang mengambil sembako berupa minyak gorengn dan beras serta gereh, mengaku senang. Diakui, dirinya memang tidak punya sehingga sangat menyambut kegiatan ini senang gembira.”Saya bersyukur ada kegiatan ini sehingga dapat membantu karga miskin seperti saya,” ujarnya. Agus Umar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here