Kenalkan Aplikasi BTQ, Tingkatkan Kemampuan Baca Quran

0
62
Keterangan Foto: KKN UPGRIS memperkenalkan Aplikasi BTQ, untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran warga Penggaron Kidul.

SEMARANG – KKN UPGRIS Kelurahan Penggaron Kidul bersama dosen UPGRIS Andi Priyolistiyanto, SKom MKom dan Farida Nursyahidah, SPd MPd saat memaparkan materi penggunaan aplikasi BTQ sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di TPQ Al-Masyithoh, Senin (04/02/2019). Acara tersebut diikuti oleh orang tua dan murid TPQ Al-Masyithoh Penggaron Kidul di Kelurahan Penggaron Kidul Semarang.

Koordinator KKN UPGRIS, Anas Nor Rohman mengatakan, dalam sosialisasi disampaikan sejumlah hal penting seperti penggunaan gadget dapat bersahabat bagi anak, manfaat yang diperoleh anak dalam menggunakan gadget serta bagaimana peran orang tua mengawasi anak dalam penggunaan gadget dan bagaimana mengoptimalkan anak dalam menggunakan gadget untuk hal-hal positif.”Hal tersebut mendasari tim mahasiswa KKN UPGRIS menggelar kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi BTQ sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak di Kelurahan Penggaron Kidul khususnya di bidang pendidikan,” ujar Rohman.

Aplikasi BTQ bermanfaat untuk anak-anak maupun orang tua siswa khususnya di Kelurahan Penggaron Kidul. Diharapkan, BTQ bermanfaat untuk masyarakat yang lebih luas.“Orang tua harus bisa memberikan sebuah pemahaman kepada anak, bagaimana memanfaatkan gadget secara sehat terutama untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar anak,” papar dosen dan pemateri, Andi Priyolistiyanto, SKom MKom. 

Disampaikan, bahwa gadget bisa menjadi dua mata pisau, jika digunakan untuk melihat dan konten yang sudah semestinya, akan menghasilkan manfaat yang baik, namun juga sebaliknya. “Oleh karena itu, orang tua harus pandai memilih sebuah konten yang bermanfaat untuk meningkatkan wawasan anak,” lanjutnya.

Dijelaskan aplikasi BTQ dirancang khusus mahasiswa KKN UPGRIS Kelurahan Penggaron Kidul untuk dapat dikonsumsi oleh warga Penggaron Kidul. Aplikasi belajar mengaji ini dirancang khusus untuk warga Penggaron Kidul maupun warga lain pada umumnya.”Aplikasi BTQ dapat di unduh di HTTP://bit.ly//kknupgris2019,” pungkasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here