Harjito Segera Bentuk 3 Kawasan Budidaya Ikan Air Tawar

0
74
Keterangan Foto: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Sri Harjito.

KENDAL – Setelah resmi dilantik menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir Sri Harjito akan segara mewujudkan paparannya saat tes seleksi untuk menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan beberapa waktu lalu yaitu membentuk tiga kawasan budidaya ikan air tawar. Rencananya tiga kawasan budidaya ikan air tawar itu akan dibentuk di Kecamatan Limbangan, Patean dan Rowosari.”Sebenarnya untuk Kecamatan Rowosari sudah ada, jadi hanya tinggal pengembangan saja,” ujarnya.

Dikatakan, dipilihnya tiga kecamatan tersebut untum pengembangan kawasan budidaya ikan air tawar karena letaknya bersebelahan dengan Kabupaten tetangga, selain itu juga cukup banyak warga yang perlu ditingkatkan kesejahteraannya.”Yang terpenting tiga kawasan budidaya ikan air tawar akan disinergikan dengan peningkatan pariwisata di Kabupaten Kendal,” jelas Harjito.

Menurutnya, kawasan budidaya ikan air tawar nantinya tidak hanya memproduksi ikan olahan saja tapi juga aneka UMKM dari bahan dasar ikan. Diharapkan dengan direalisasikannya tiga kawasan budidaya ikan air tawar nanti akan memunculkan pengusaha-pengusaha.”Dengan banyak bermunculan pengusaha baru secara otomatis akan menyerap tenaga kerja dari warga sekitar. Endingnya diharapkan kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” harapnya.

Dijelaskan, dibentuknya kawasan budidaya ikan air tawar juga akan terjadi peningkatan gizi masyatakat Kendal, karena berdasarkan data tingkat makan ikan masih 16 perkapita pertahun standar minimal WHO minimal 26 perkapita pertahun.” Untuk standar nasional malah lebih tinggi yaitu 45 perkapita pertahun,” jelasnya. 

Ditambahkan, kondisi itu menjadi pekerjaan tersendiri, sehingga dengan membentuk tiga kawasan budidaya ikan air tawar maka akan mendekatkan sumber ikan kepada masyarakat. Rencana dibentuknya tiga kawasan budidaya ikan air tawar mendapat tanggapan positif dari warga sekitar. Salah satunya Parto (36) warga Desa Gondang Kecamatan Patean mengaku senang dengan rencana pembentukan tiga kawasan budidaya ikan air tawar dimana salah satunya di Desa Gondang Kecamatan Patean.”Ini sangat positif, saya siap ikut terlibat dan gabung di kawasan budidaya ikan air tawar,” ujarnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here