Warga Desa Cening – BPBD Kendal Kerja Bhakti Memasang Bronjong

0
282
Keterangan Foto : Warga Desa Cening bersama unsur Pokja Destana dan BPBD Kendal, tengah bergotong royong melakukan pemasangan bronjong.

KENDAL – Untuk mengurangi dampak bencana alam khususnya akibat erosi dan bencana tanah longsor, masyarakat Desa Cening bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal dan Kelompok Kerja Desa Tangguh Bencana (Pokja Destana), melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong, Minggu (09/12/2018), di Dusun Cening Lor Desa Cening Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Kegiatan pemasangan bronjong pada senderen jalan setinggi 1 meter dengan panjang 20 meter, diikuti oleh 30 Pokja Destan, 70 orang warga Desa Cening dan unsur dari BPBD Kendal yang dilakukan secara gotong-royong.

Sekretaris BPBD Kendal Saifur Rochman, didampingi beberapa staf dan anggota Satgas Penanggulangan Bencana, ikut terjun langsung di lokasi bersama-sama masyarakat dalam bergotong-royong.

Kades Desa Cening Sayuti, menyampaikan terimakasihnya atas perhatian dan peran aktif jajaran BPBD Kendal untuk membantu masyarakat Desa Cening.

“Pemasangan bronjong pada senderan jalan yang sudah tergerus erosi, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya erosi yang lebih parah, apalagi saat ini curah hujan sudah semakin tinggi. Sekali lagi saya sampaikan banyak terimakasih kepada BPBD Kendal atas semua yang sudah dilakukan untuk Desa Cening,” kata Sayuti.

Sayuti menambahkan, selain pamasangan bronjong, dia juga mengharapkan adanya penanaman tanaman pelindung sehingga bisa menahan atau menghambat terjadinya erosi.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kendal mengatakan bahwa pemasangan bronjong harus dilakukan mengingat senderan yang longsor berada di jalan utama yang menghubungkan Desa Cening dengan Desa Kedung Boto dan ke ibukota Kecamatan Singorojo.

“Pemasangan bronjong tersebut juga merupakan bagian dari program Pengembangan Desa Tangguh Bencana Tahun 2018,” Pungkas Saifur.( ADP/01/09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here