Jelang Lebaran Harga Sembako Di Pasar Tradisional Meroket

0
66
Keterangan Foto: Suasana di lapak pedagang sembako pasar tradisional kota kendal nampak sepi karena harg sembako mulai meroket.

KENDAL – Dua pekan jelang lebaran, harga sembako disejumlah Pasar Tradisional di Kendal meroket naik. Kenaikan tertinggi pada kemiri dan bawang merah. Sedangkan harga telur mulai turun, sedangkan komuditas lain harga masih stabil, Selasa siang (29/05/2018).

Berdasarkan pantauan harga sembako di Pasar Tradisional Kota Kendal, Jawa Tengah. Kemiri dari harga Rp. 35.000 naik menjadi Rp. 42.000 per kilogram. Untuk harga bawang merah sebelumnya Rp. 25.000 naik menjadi Rp32.000 per kilogram. Sementara harga telor ayam turun dari harga Rp. 25.000 per kg, turun jadi Rp 22.000 per kilogram. Jenis komuditas lain harga cenderung stabil yakni bawang putih Rp 24.000 perkilogram.

Harga cabe rawit tidak ada kenaikan harga, Rp 20.000 perkilo gram. Caberawit merah duapuluh Rp.20.000 perkilogram. Sedangkan cabe merah mengalami kenaikan Rp 1000 dari sebelumnya Rp 23.000 naik menjadi Rp 24.000 perkilo gram.

Menurut pedagang sayuran Pasar Kendal, Janah mengatakan, kenaikan harga tersebut sudah berlangsung sekitar satu minggu, namun pada komuditas tertentu.
Hal senada juga di sampaikan Bu Khamid pedagang Pasar Kendal, harga telur sudah tiga hari ini mengalami penurunan.”Naiknya bawang merah karena belum musim panen dan pembelinya banyak. Semantara untuk harga sayur mayur harga masih stabil,” ujarnya.

Salah satu pembeli, Masrijah mengaku bingung karena hampir semua sembako mengalami kenaikan. Dikatakan, saat ini perekonomian masyarakat sedang sulit jadi dirinya tidak bisa berbuat banyak.”Kami berharap pemerintah bisa turun tangan untuk membantu menurunkan harga sembako,” harapnya. (UJ/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here