Warga Jatirejo Krisis Air Bersih

By suarakeadilan.net 14 Sep 2017, 20:22:01 WIB Berita Utama
Warga Jatirejo Krisis Air Bersih

Keterangan Gambar : Kapolres Kendal AKBP Adi Wijaya mengisi langsung sejumlah ember dan jerigen warga yang membutuhkan air bersih.


KENDAL – Sudah berbulan-bulan warga di Dukuh Durenlor Desa Jatirejo Kecamatan Ngampel mengalami krisis air bersih. Bahkan warga rela mengambil air dari sedang dan kali untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Namun kini kali dan sendang tersebut sudah mengering sehingga bingung harus mencari air bersih dimana. 

Polres Kendal yang mendapatkan laporan tersebut langsung menerjunkan petugas untuk mendroping air bersih di dusun tersebut. Kapolres Kendal AKBP Adi Wijaya memimpin langsung droping, juga sempat menunda air bersih dari truck tanki ke jerigen warga yang sudah berjajar rapi. Usia menuang akan air bersih, Kapolres mengatakan, dirinya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa di Desa Jatirejo Kecamatan Ngampel banyak warga yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Sebagai bentuk kepedulian sekaligus menyambut hari ulang tahun Kesatuan Lalu Lintas, Polwan dan Bhayangkari pihaknya mendroping dua truck tanki untuk membantu warga Des Jatirejo."Masing-masing teuk berisi 4000 liter air bersih," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya juga sudah memerintahkan Babinkamtipmas yang di desa-desa untuk mendata desa yang mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih."Kami siap membantu kalau ada daerah lain yang membutuhkan bantuan air bersih," ujarnya.

Salah seorang warga, Abdul Aziz (47) mengatakan, selama ini warga di kampung menggunakan air sumur bor untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun sudah hampir setahun ini air sumur bur mampet sehingga warga kesulitan air bersih.

Menurutnya, sejak air dari sumur bur macet, warga rela mengambil air dari sedang dan kali yang jaraknya sekitar satu kilometer dari kampung mereka, untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Namun kini kali dan sendang tersebut sudah mengering karena musim kemarau kali ini cukup panjang sehingga bingung harus mencari air bersih dimana. 

Pihaknya sangat bersyukur mendapat pasokan air bersih dari Polres Kendal. Meskipun sedikit namun air bersih ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat di kampungnya."Kami sangat berterima kasih atas bantuan air dari Polres Kendal, ini sangat bermanfaat," ujarnya.(1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook