Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Lewat Bank Sampah

By suarakeadilan.net 02 Okt 2017, 17:22:10 WIB Ekobis
Tingkatkan Perekonomian Masyarakat  Lewat Bank Sampah

Keterangan Gambar : DLH mengajak masyarakat membentuk dan memberdayakan bank sampah untuk meningkatakan perekonomian keluarga.


KENDAL – Momentum Kendal Eksplor dimanfaatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengajak seluruh masyarakat Kendal lebih peduli terhadap lingkungan terutama masalah sampah yang saat ini dihadapi banyak daerah. Untuk itu di stand DLH, ditampilkan hasil kreasi bank sampah binaan DLH sehingga diharapkan akan menjadi motivasi masyarakat untuk ikut mengembangkan kegiatan tersebut, karena selain bisa mengurangi volume sampah juga bernilai ekonomis sehingga akan meningkatakan perekonomian masyarakat. 

Kepala DLH Ir Sri Purwati MSi mengatakan, tema yang diusung dalam stand DLH yaitu ingi mengajak masyarakat membentuk dan memberdayakan masyarakat melalui bank sampah. Dengan bank sampah masyarakat diajak memilah dan mendaur ulang sampah sehingga memperkecil jumlah sampah yang dibuang. Dikatakan, hal tersebut diharapkan sudah bisa diterapkan mulai dari kelompok masyarakat terkecil yaitu keluarga."Kalau setiap keluarga sudah terbiasa memilah DNA mendaur ulang sampah, maka volume buangan sampah akan jauh berkurang sehingga masalah sampah akan bisa diatasi bersama-sama tidak bisa satu pihak," ujarnya.

Dikatakan, saat ini yang dihadapi daerah maju salah satunya penanganan masalah sampah, untuk itu pihaknya berkewajiban memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sampah tidak hanya menimbulkan tapi sebenarnya juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi kalau sebelumnya dilakukan pemilahan dan Pendaurulangan sampah. Misalnya dibuat souvenrit berupa tas, vas bunga plastik dan botol, bando, media tanaman dan masih banyak kreasi lainnya.

Dijelaksan dari 60 bank sampah yang ada di Kendal pihaknya menggandeng 15 Bank sampah untuk dipamerkan hasil kerajinannya agar diketahui dan ditiru masyarakat untuk memberdayakan perekonomian mereka sekaligus mengatasi masalah sampah."Untuk memotivasi masyarakat agar mau terlibat dalam penanganan sampah belum lama ini kami juga mengadakan lomba bank sampah, karena jumlah bank sampah di Kendal saat i masih kecil. Kedepan diharapkan setiap desa minimal ada satu bank sampah," harapnya.

Sri Purwati mengaku, kemampuan DLH Kendal sebesar apapun jika tanpa dibantu dengan pemilahan dan daur Ualng sampah lebih dahulu dari masyarakat dari hasil penelitian mahasiswa terlalu berat."Umtuk itu masalah sampah ini harus ditangani semua pihak untuk keluarga dimulai dengan pemilahan dan daur ulang," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat ikut berpartisipasi mengurangi sampah dengan melakukan pemilahan dan daur ulang."Karena akan mendatang nilai ekonomi juga akan mengurangi resiko bencana dan jangan membuang sampah sembarangan," pungkasnya. Salah satu pengunjung DLH, Ika Pratiwi (24) mengaku tertarik dengan sejumlah kreasi dari sampah. Pihaknya mengaku siap ikut memilah dan daur ulang sampah serta membuat kreasi dari daur ulang sampah untuk menambah penghasilan keluarga."Ternyata sampah kalau ditekuni bisa menghasilkan ekonomi untuk membantu kebutuhan keluarga," katanya. (1) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook