SMAN 1 Kendal Terapkan Aplikasi Kurikulum Digital Pertama Di Jateng

By suarakeadilan.net 09 Nov 2017, 17:02:15 WIB Sains
SMAN 1 Kendal Terapkan Aplikasi Kurikulum Digital Pertama Di Jateng

Keterangan Gambar : Kepala SMAN 1 Kendal H Sunarto SPd MPd bersama Agus Cahyono Wakasek Kurikulum SMAN 1 Kendal dan satu guru menunjukan aplikasi kurikulum.


KENDAL - SMAN 1 Kendal melakukan terobosan dengan menerapkan aplikasi kurikulum digital. Aplikasi kurikulum digital tersebut meliputi jurnal mengajar, kalender pendidikan, jadwal mengajar guru, jadwal pelajaran per kelas, jurnal literasi dan penilaian karakter serta aplikasi absen scand. Ada juga kotak saran digital. 

Kepala SMAN 1 Kendal H Sunarto SPd MPd mengatakan, terobosan ini dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat kegiatan belajar mengajar di SMAN 1 Kendal. Dikatakan, absen digital scand berfungsi untuk mengetahui  kehadiran siswa melalui scand berbasis digital.”Tujunya untuk memudahkan guru dalam memantau kehadiran sisa di kelas, serta bisa di grafikan dan dipresentasikan,” ujarnya.

Menurutnya, hasil scand tersebut datanya juga valid apakah siswa tidak masuk sekolah karena sakit, alpa ijin atau dispensasi. Dengan tehnologi ini akan mendapatkan data riil dan valid terkait siswa serta lebih cepat dengan jeda waktu per pembelajaran bukan per hari.”Setelah mendapatkan data bisa dimanfaatkan untuk evaluasi, pembinaan siswa dan motivasi serta informasi untuk orang tua dan membentuk pendidikan karakter,” ujarnya. 

Ditambahkan, penggunaan aplikasi kurikulum ini merupakan yang pertama di Jateng. Agus Cahyono Wakasek Kurikulum SMAN 1 Kendal selaku pengembang aplikasi ini mengatakan, aplikasi ini disusun dan didesign untuk kemajuan tehnologi dibidang pendidikan. Dikatakan, dalam aplikasi kurikulum ini juga ada Kotak saran digital yang berfungsi sebagai sarana komunikasi orang tua dengan sekolah agar bisa memberi saran pemikiran dan konsultasi tentang putra putri mereka di sekolah.”Sampai sekarang sudah ada 29 saran yang masuk terutama tentang keluhan PR terlalu banyak,” ujarnya. (1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook