Sekdes Masih Berhak Bertugas Di Desa

By suarakeadilan.net 10 Agu 2017, 21:16:17 WIB Nasional
Sekdes Masih Berhak Bertugas Di Desa

Keterangan Gambar : Bupati Mirna memberikan pengarahan kepada para Sekdes.


KENDAL - Rencana penarikan Sekretaris Desa (Sekdes) yang bertugas Pemerintah Desa untuk ditempatkan menjadi pegawai di lingkungan pemerintah Kabuapten dinilai kurang tepat. Pasalnya sesuai Undang-Undang (UU) desa No.6 tahun 2014 pasal peralihan 118 menyebutkan perangkat desa berstatus PNS, penempatannya akan diatur Peraturan Pemerintah (PP). 

Pelaksanaan UU desa, berdasar PP No.43 pasal 155 menguatkan Sekdes berstatus PNS."Pada dasarnya belum ada payung hukum yang mengharuskan Sekdes Yang berstatus PNS ditarik dari desa, jadi mereka masih berhak di desa," ujar Mujiono, Ketua Panitia acara silaturahim yang juga Sekdes Kebonsari kecamatan Rowosari. 

Menurutnya, Sekdes tetap bisa menjalankan tugas di desa sesuai perundangan yang berlaku. Dikatakan, sejarah pengangkatan  sekdes sebagai Aparat Sipil Negera (ASN) merupakan lek spesialis dan peruntukannya bertugas di desa bukan di pemerintahan Kabupaten atau yang lain seperti ASN pada umumnya."harusnya ini juga menjadi pertimbangan pemerintah agar tetap memberikan amanah sekdes bekerja di desa.

Ditambahkan, sebenarnya sudah lama Sekdes ingin ada silaturahmi seperti ini agar sekdes tetap Istiqomah mengambdi kepada masyarakat."Saya ingat yang disampaikan Bupati, kalau terpilih tidak akan menyakiti hati satupun warga Kendal," ujarnya.(1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook