Petani Dilatih Gunakan Pestisida Yang Benar

By suarakeadilan.net 11 Okt 2017, 07:09:35 WIB Berita Utama
Petani Dilatih Gunakan Pestisida Yang Benar

Keterangan Gambar : Kepala UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Propinsi Jateng Ir Triyanto memberikan materi tentang pestisida.


KENDAL – Para petani, pengelola toko pestisida dan karyawan dilatih menggunakan pestisida yang benar dan tepat sasaran dan aman. Pasalnya, selama ini banyak petani yang asal menggunakan pestisida sehingga bisa membahayakan diri sendiri dan lingkungan. 

Kepala UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Propinsi Jateng Ir Triyanto mengatakan, masih banyak petani yang sembaranagan dalam menggunakan pestisida sehingga sering tidak tepat sasaran dan membahayakan bagi penggunanya. Dikatakan, Kalau membeli pestisida harus dibaca dulu sesuai penggunaannya agar lebih aman."Janagan sampai asal membeli tanpa tau pasti manfaatnya untuk apa. Contoh pestisida hama wereng digunakan untuk menyemprot hama rumput," ujarnya. 

Ketua Aliansi Stewardship Herbisida Terbatas (Alishter) Jawa Tengah, Sutowo Sigit mengatakan, pelatihan ini diikuti Para petani, pengelola toko pestisida dan karyawan untuk menggunakan pestisida yang baik dan benar. 

Dikatakan, pelatihan mengundang narasumber, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Industri Kimia hulu, Kementerian Perindustrian, UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Tengah, dan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah."Kita harapkan dengan pelatih ini petani tidak salah lagi dalam menggunakan pestisida yang tepat," ujarnya.

Sementara, Agronomis sygenta,Agus Sumantoro mengatakan, tahun 2016 Alishter telah melaksanakan pelatihan di 14 provinsi dan pada tahun 2017 sebanyak 15 provinsi, salah satunya Provinsi Jawa Tengah. Menurut Agus, Alishter ini merupakan gabungan dari 

perusahaan pestisida yang ada di seluruh Indonesia. Yakni berupa perusahaan kimia bidang agrosemikel."Untuk di Jawa Tengah 

sebanyak 15 perusahaan pestisida yang bergabung. Tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan bagi petani bagaimana menggunkan pestisida yang baik, bijak dan benar serta aman terhadap lingkungan manusia," pungkasnya. (1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook