Pembuatan SKCK Harus Mengantri Panjang

By suarakeadilan.net 11 Nov 2017, 11:07:43 WIB Lapor Ndan
Pembuatan SKCK Harus Mengantri Panjang

Keterangan Gambar : MEMBLUDAK - Jumlah warga yang hendak melakukan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) membludak, akhir-akhir ini.


KENDAL - Pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) beberapa waktu ini di Polres Kendal mengalami antrian yang cukup panjang. Membludaknya jumlah para pendaftar karena adanya seleksi menjadi perangkat desa. 

Kasat Intel Polres Kendal, AKP Suwarno saat ditemui di kantornya menyatakan, bertambahnya jumlah permintaan pembuatan SKCK telah berlangsung sejak awal November 2017. Menurutnya, sejak saat itu, anggotanya harus melayani antara 200 – 300 warga. Kendala yang dihadapi, yakni perangkat komputer hanya satu, sehingga pemohon harus rela antre untuk bisa mendapatkan SKCK.

"Banyak masyarakat yang tidak tahu kalau sebenarnya sekarang sistemnya telah online, mereka tahunya masih manual. Harusnya mereka tidak perlu entri data ke Polres karena sudah online. Inilah yang membuat proses yang ada cukup lama, karena petugas harus mengentri data dan melakukan foto," ujarnya.
 
Proses pembuatan SKCK memakan waktu tiga hari, karena prosesnya, pemohon harus datang ke unit identifikasi untuk proses sidik jari. Hasilnya baru didapat keesokan harinya. Setelah dari proses sidik jari, selanjutnya dibawa ke unit Intel.
 
"Sebenarnya proses foto dan SKCK dari awal hingga jadi hanya membutuhkan waktu sehari saja. Akibat pemohon mencapai ratusan, proses pembuatan SKCK akhirnya mencapai hingga tiga hari. Sampai saat ini, tercatat sudah ada sekitar 2.500 pemohon yang mengajukan SKCK," paparnya. (3)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook