Pedagang-Ormas Gotong-Royong Bersihkan Sisa Kebakaran

By suarakeadilan.net 27 Agu 2017, 20:34:53 WIB Internasional
Pedagang-Ormas Gotong-Royong Bersihkan Sisa Kebakaran

Keterangan Gambar : Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu dibantu sejumlah ormas membersihkan bekas sisa dagangan yang terbakar.


KENDAL - Sepekan paska pekabaran Pasar Pagi Kaliwungu, puluhan pedagang Pasar Pagi Kaliwungu dibantu sejumlah ormas seperti KNPI, Pemuda Pancasila, Ansor, IPPNU, Kokam, Fatayat, Muslimat, paguyuban pedagang, serta masyarakat sekitar, Minggu (27/8). Mereka bahu membahu membersihkan bekas barang dagangan mereka yang terbakar. 

Pembersihan dilakukan di letter U pasar. Barang yang masih bisa dimanfaatkan diambil oleh pedagang dan yang tidak bisa digunakan dibuang. Dengan menggunakan peralatan seperti pacul, sekop, mereka membersihkan genting, kayu, dan barang dagangan. Barang yang berserakan di los-los, disingkirkan di tepi pasar dan tidak mengganggu pedagang. 

Camat Kaliwungu, Dwi Cahyono, mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan berbagai unsur organisasi kepemudaan. Acara resik-resik pasar tersebut melibatkan sekitar 150 orang. Dikatakan, pembersihkan puing-puing bertujuan agar Pasar Pagi Kaliwungu paska kebakaran kondisinya tidak kumuh dan terlihat lebih baik dan rajin. Lokasi yang dibersihkan merupakan los yang membentuk letter U. 

Sementara yang merupakan aset pemerintah daerah, supaya ditangani dinas terkait. Pihaknya sudah menyiapkan lahan di sebelah timur Kantor Kecamatan Kaliwungu untuk relokasi. ''Kami sudah hitung dan bisa untuk menampung seluruh pedagang di Pasar Pagi Kaliwungu. Jumlah pedagang Pasar Pagi Kaliwungu terdapat 430 pedagang, sedangkan lokasi di samping kecamatan bisa didirikan 490 lapak. Kami juga menyiapkan sebagian halaman kecamatan untuk relokasi,'' kata Camat Kaliwungu.(1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook