Paguyuban Minta Pasar Darurat Tak Jauh dari Pasar

By suarakeadilan.net 22 Agu 2017, 16:53:52 WIB Berita Utama
Paguyuban Minta Pasar Darurat Tak Jauh dari Pasar

Keterangan Gambar : Sejumlah pejabat meninjau lokasi yang akan digunakan sebagai pasar darurat.


KENDAL - Pembuatan pasar darurat diharapkan tidak jauh dari pasar lama yang terbakar. Pedagang khawatir jika jauh dari lokasi, mereka terancam rugi karena pasar sepi pembeli. Hal itu disampaikan Sekretaris Paguyuban Pasar Pagi Kaliwungu M Masud seusai menggelar pertemuan dengan Forkompimcam Kaliwungu di Kantor Kecamatan Kaliwungu, kemarin. 

Masud mengatakan, masih banyak tempat di sekitar pasar yang bisa dimanfaatkan pedagang untuk berjualan. Diantaranya sisi barat yang biasanya digunakan untuk parkir sepeda motor dan doplak, sisi timur dekat dengan Mapolsek Kaliwungu, serta sisi selatan atau di depan bangunan pasar yang tidak terbakar. Tiga lokasi itu bisa dimanfaatkan pedagang untuk membuka usaha mereka. ''Sebab, ratusan pedagang menggantungkan hidupnya dari berjualan,'' tuturnya. 

Dia mengatakan, berdasarkan pengelompokan, mereka yang menjadi korban kebakaran antara lain pedagang ikan, sayur mayur, pakaian, sembako, hingga barang pecah belah atau perlengkapan dapur lainnya. Pedagang yang paling banyak menjadi korban kebakaran yakni penjual pakaian. ''Hampir 90 persen barang dagangan mereka tidak bisa diselamatkan, bahkan ada yang produknya habis terbakar 100 persen,'' kata dia.  

 

Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Syukron Samsul Hadi, mengatakan, pihaknya akan mengusulkan ke Pemkab Kendal supaya memberikan bantuan pendirian lapak darurat kepada pedagang. Dirinya juga mempersilakan pedagang berjualan di sekitar pasar. ''Terkait penataan lapak darurat kami serahkan kepada paguyuban dan pengelola pasar,'' jelasnya. (1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook