Kesejahteraan Nelayaan Dimulai Penataan Lingkungan

By suarakeadilan.net 12 Nov 2017, 16:47:21 WIB Nasional
Kesejahteraan Nelayaan Dimulai Penataan Lingkungan

Keterangan Gambar : Anggota DPR/MPR RI Drs H Fadholi bersama Dirjen Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja Dan Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur dialog dengan nelayan Tawang.


Kendal - Pemberian alat tangkap ikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan diharapkan mampu meningkatkan kuah teraan nelayan. Hal penting lain yang harus dimulai yaitu penataan lingkungan yang bersih dan indah. Sehingga juga akan meningkatkan kesehatan para nelayan. Hal tersebut disampaikan Anggota DPR/MPR RI Drs H Fadholi saat acara kunjungan kerja Kementrian Kelautan dan Perikanan di Provinsi Jateng yang diwakili Dirjen Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja, Minggu (12/11).”Infrastruktur nelayan kumuh harus segera ada solusi, misalnya dengan penataan lingkungan,” ujarnya.

Fadholi juga mengusulkan, agar ubin di Tempat Plelangan Ikan  (TPI) Tawang segera diperbaiki karena sudah tidak layak lagi. Menurutnya, ubin TPI harus bersih dan higienis, sedangkan ubin di TPI Tawang sudah banyak yang rusak dan tidak higienis lagi.”TPI merupakan tempat berkumpulnya ikan dari banyak nelayan jadi harus diperbaiki” ujarnya.

Dirjen Perikanan Tangkap Sjarief Widjajadeh mengatakan, pemberian alat bantu nelayan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan. Pihaknya bersama sejumlah pejabat juga memusnahkan alat tangkap nelayan yang dilarang karena merusak lingkungan.”Dari beberapa ppengalaman memang nelayan yang menggunakan alat tangkap baru hasilnya lebih sedikit secara tapi ukurannya lebih besar sehingga harga jualnya lebih mahal dan nelayan lebih untung,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan alat tangkap yang ramah lingkungan recoveri ikan juga lebih cepat sehingga nantinya tidak perlu melaut jauh tapi sudah mendapatkan hasil ikan banyak. Sementara 

Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur siap membantu nelayan mengatasi masalah permodalan. Dikatakan, di Bank Jateng ada kredit lunak maksimal Rp 25 juta.”Nelayan bisa memanfaatkan kredit tersebut untuk modal,” ujarnya. (1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook