Kartu Tani Untuk Antisipasi Kebocoran Pupuk Bersubsidi

By suarakeadilan.net 24 Okt 2017, 12:40:04 WIB Berita Utama
Kartu Tani Untuk Antisipasi Kebocoran Pupuk Bersubsidi

Keterangan Gambar : Petani Desa Ngampel Kulon menerima kartu tani yang diberikan di Balai Desa setempat.


Kendal - Pemerintah Desa Ngampel Kulon Kecamatan Ngampel menyerahakan 85 kartu tani untuk periode pertama ini. Penyerahan dilakukan di Balai Desa Ngampel Kulon dipimpin langsung Kades Gatot Muhardjo bersama perwakilan BRI Kendal dan PPL Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Kendal.”Rencana nanti ada sekitar 150 penerima kartu petani di Desa Ngampl Kulon,” ujarnya, kemarin.

 

Kades Ngampel Kulon, Gatot mengatakan, kartu tani bermanfaat bagi petani terutama untuk memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi. Dikatakan, kartu petani juga berfungsi agar pupuk bersubsidi sesuai peruntukannya dan mengurangi penyelewengan. Dikatakan, kartu tani ini merupakan pilot proyek Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sekaligus sebagai kontrol pemerintah tentang pupuk subsidi agar tepat sasaran.”Didalam kartu tersebut terdapat data petani alamat, luasan lahan yang dimiliki serta jumlah pupuk yang boleh dibeli sehingga akan tepat sasaran,” ujarnya.

Abdul Rachman PPL Dinas Pertanian dan Pangan Kecamatan Ngampel mengatakan fungsi kartu tani untuk mempermudah kebutuhan pupuk bersubsidi dari pemerintah kepada petani, agar pupuk tepat sasaran. Dikatakan, untuk membuat kartu petani harus punya rekening di BRI dan pendaftarannya bisa melalui PPL.”Kartu ini juga berfungsi sebagai kontrol agar pupuk bersubsidi tepat sasaran,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini pupuk bersubsidi masih bisa dijual bebas, harapannya setelah diterbitkannya kartu tani ini pupuk bersubsidi bisa memanfaatkan petani secara maksimal.

Salah satu petani yang mendapatkan kartu tani, Sudarmani mengatakan, senang mendapatkan kartu tani karena akan mudah kalau membeli pupuk bersubsidi.”Karena informasi petani sudah terdata maka pembelian pupuk bersubsidi akan lebih tepat sasaran,” ujarnya.(1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook