Drama Kolosal Bahurekso Awali Upacara HUT Kemerdekaan

By suarakeadilan.net 17 Agu 2017, 17:48:28 WIB Berita Utama
Drama Kolosal Bahurekso Awali Upacara HUT Kemerdekaan

Keterangan Gambar : Gambaran Pasukan Tumenggung Bahurekso terlibat pertempuran dahsyat dengan penjajah Belanda.


Kendal - Penampilan puluhan siswa SMK 3 Muhamadiyah Weleri dalam drama perjuangan Bahurekso mengawali upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-72, di Alun-Alun Kendal, Kamis  (17/8). Drama tersebut menceritakan perjuangan bupati Kendal pertama Tumenggung Bahurekso,  melawan penjajah Belanda sampai ke Batavia  (Jakarta).  Namun karena jumlah pasukannya tidak sebanding, akhirnya Bahurekso dan pasukannya berhasil dipukul mundur oleh penjajah, hingga ke Tegal. Bahurekso pun, akhirnya meninggal dunia,  karena kelaparan. 

Upacara bendera dalam rangka peringatan HUT RI ke 72 di alun-alun Kendal, diikuti oleh pelajar, TNI,  POLRI, dan aparatur sipil negara  (ASN). Hadid dalam kesempatan itu,  pimpinan musyawarah daerah (Muspida), dan beberapa anggota DPRD Kendal.

Bupati Kendal, Mirna Anissa, yang menjadi inspektur upacara HUT RI Ke 72 , dalam kesempatan itu mengatakan perjuangan pahlawan Bahurekso, perlu dicontoh oleh generasi sekarang dan masa akan datang. Sebab, dia dengan gigih dan berani melawan penjajah dari bumi pertiwi. “Semangat Bahurekso,  harus ada di dada generasi muda,  terutama yang ada di Kabupaten Kendal,” kata Mirna. (1)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook