Baru Dua Kecamatan Sudah ODF

By suarakeadilan.net 13 Nov 2017, 11:38:18 WIB Berita Utama
Baru Dua Kecamatan Sudah ODF

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal dr Sri Mulyani SpA MKes bersama Forkompinda foto bersama para juara lomba peringatan HKN.


Kendal - Hingga saat ini baru dua kecamatan dan 35 Desa se-Kabupaten yang bebas buang besar sembarangan. Dua kecamatan tersebut yaitu Pageruyung dan Ngampel. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal dr Sri Mulyani SpA  MKes usai apel peringatan Hari Kesehatan Nasional (KHN) ke-53 di Stadion Utama Kebondalem, Senin (13/11).”Sementara baru dua kecamatan yang bebas Open Defecation Free (ODF),” ujarnya.

Menurutnya, sampai dengan 2017 ini sudah ada sebanyak 76 (%) desa/kelurahan, 3 (10%) Puskesmas dan 2 kecamatan (10%) yang sudah ODF. Dikatakan, hasil analisa kunjungan rumah diperoleh status kesehatan warga Kendal Sebesar 27,54% Keluarga Sehat, 66,,74% Keluarga Pra Sehat dan hanya 5,,72%. Dijelaskan, untuk Keluarga Tidak Sehat antara disebabkan kepemilikan dan akses jamban keluarga dan adanya anggota keluarga yang merokok.“ Pemkab Kendal bertekad kepemilikan Jamban 100% di tahun 2018 dengan memaksimalkan pemberdayaan masyarakat, didukung dengan penggunaan dana desa dan CSR perusahan yang ada di Kendal,” ujarnya.

Ditambahkan,  momentum HKN ke-53 kali ini dapat dijadikan sarana  untuk meningkatkan kinerja jajaran yang dipimpinnya agar membantu pencapaian Kendal Permata Pantura sesuai visi-misi Bupati Kendal dan jajaran harus tampil bersih dan rapi baik bagi diri dan juga lingkungan tempat kerja sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat. selama ini jajaran Kesehatan dan sarana pelayanan kesehatan di Kendal masih menjadi sasaran kritik sebagian besar masyarakat yang menilai pemberian pelayanan kurang baik, kurang ramah dan lingkungan terkesan kotor serta kurang tertata rapi.”Untuk  itu butuh dukungan dan kerja sama untuk pembenahan dan perubahan yang lebih baik,” jelasnya.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kemas) Sri Handono mengatakan, kendala yang dihadapi dinas karena keterbatasan dana. Dikatakan, untuk menysukseskan gerakan tersebut diawali gerakan masyarakat hidup sehat.”Kami targetkan 2018 Kendal bisa ODF,” ujarnya. (1)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook