Badan Informasi Geospasial Sosialisasi Batas Desa

By suarakeadilan.net 22 Agu 2017, 16:43:48 WIB Berita Utama
Badan Informasi Geospasial Sosialisasi Batas Desa

Keterangan Gambar : Badan Informasi Geospasial melakukan desa kepada kades dan camat.


Kendal - Badan Informasi Geospasial menggelar acara sosialisasi batas desa secara Kartometrik yang diikuti camat dan kepala desa se-Kabupaten Kendal di Pendopo Kabupaten Kendal Selasa (22/8).

Ir Kusumo Widodo, Analis Data Geodesi dari saat sosialisasi Deliniasi Batas desa mengatakan, batas desa sangat penting untuk kepastian pembangunan.juga untuk ketertiban Pajak Bumi Bangunan (PBB)."Saat ini batas desa masih banyak pada identik aktif saja belum ada pengukuran secara resmi," katanya.

Menurut Kusumo, sampai saat ini desa-desa belum membuat patok-patok batas desa, sehingga batas wilayah desanya tidak jelas. Untuk itu pemerintah menargetkan agar di tahun 2019, semua desa sudah membuat batas desa sesuai kesepakatan dengan desa di sebelahnya. "Tujuannya agar tertib administrasi, sehingga tidak ada permasalahan terkait batas desa dan batas kepemilikan tanah,"ujarnya.

Kasubag Otonomi Daerah pada Bagian Tata Pemerintahan Setda Kendal, Ardhi Prasetyo mengatakan, hasil verifikasi batas desa yang dilakukan desa akan disinkronkan dengan peta desa hasil pemotretan melalui satelit. Pelaksanaan verifikasi batas desa akan dilakukan oleh Tim Penetapan dan Penegasan Batas Desa (TPPBD) yang akan dibentuk pada Oktober mendatang. Targetnya di tahun 2017 ini sema desa di Kabupaten Kendal sudah melakukan verifikasi batas desanya masing-masing. "TPPBD akan difasilitasi oleh Dispermasdes,"katanya. (1)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook