1,7 Juta Dukungan Dibutuhkan Bagi Cagub Perorangan

By suarakeadilan.net 07 Nov 2017, 18:39:34 WIB Berita Utama
1,7 Juta Dukungan Dibutuhkan Bagi Cagub Perorangan

Keterangan Gambar : Anggota KPU Jateng Ikhwanudin usai melakukan Sosialisasi Tahapan dan Persyaratan Calon Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018 yang digelar di Aula Gedung C, Sekda Kendal.


KENDAL – Dukungan bagi Calon Gubernur (Cagub) melalui jalur perorangan pada Pilgub Jateng 2018, membutuhkan minimal 1.781.606 tanda tangan atau cap jempol, yang dilampiri foto kopi KTP-el. Syarat dukungan tersebut diserahkan pada 22 hingga 26 November 2017 nanti.

Demikian disampaikan anggota KPU Jateng, Ikhwanudin, seusai melakukan Sosialisasi Tahapan dan Persyaratan Calon Perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018, di Aula Gedung C, Kompleks Gedung Setda Kendal, Kamis (26/10). Sosialisasi dihadiri berbagai unsur, mulai dari pemerintahan hingga Ormas.

Menurutnya, bila jumlah dukungan tercapai, maka akan diterima dan dilanjutkan ke verifikasi administrasi serta verifikasi aktual ke lapangan. Kemudian KPU akan menanyakan ke para pendukung tersebut, guna memastikan kebenaran dukungan yang diberikan untuk calon perorangan tersebut. "Dukungan tersebut minimal tersebar di 18 Kabupaten/Kota di Jateng. Sementara jumlah besaran persebaran tidak diatur," ujarnya.

Dikatakan, sosialisasi tersebut merupakan putaran terakhir, karena KPU Jateng telah melaksanakan sosialisasi itu sejak Juli 2017. Putaran terakhir sosialisasi dilaksanakan di Kendal, Batang, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Demak."Kami mengundang unsur dari tokoh masyarakat, ormas, LSM, media massa, dan lembaga terkait lainnya. Hingga kemarin, yang sudah datang ke KPU Jateng untuk konsultasi dan maju lewat jalur independen ada lima orang. Mereka ada yang dari Jepara maupun Karanganyar," paparnya.

Ketua KPU Kendal, Wahidin Said, mengatakan, dukungan untuk calon perseorangan sebanyak 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), dari pemilu terakhir di masing-masing Kabupaten/Kota. KPU Kendal selain persiapan Pilgub Jateng, juga melaksanakan persiapan menyambut Pemilu 2019. Pemilu mendatang tidak lagi menggunakan istilah pemilu legislatif (Pileg) maupun pemilu presiden (Pilpres), tetapi hanya Pemilu 2019."Pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden digabung menjadi satu. Sehingga KPU akan menyiapkan lima kotak suara, yakni untuk pemilihan Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota," ucapnya. (3)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook